Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Longsor Menerjang 2 Kabupaten di Garut

27 October 2017 03:17


Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Garut menyebabkan terjadinya longsor di dua kecamatan yaitu Bungbulang dan Pakenjang pada Kamis (26/10).

 

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Kasubag Humas Polres Garut Ajun Komisaris Ridwan Tampubolon menjelaskan bahwa kejadian longsor berada di Desa Gunamekar, Kecamatan Bungbulang. Material yang jatuh dari longsor menutupi badan jalan sekitar 10 meter sehingga menyebabkan aktivitas warga terganggu.

 

“Dampaknya tidak terlalu besar karena yang tertutup jalan desa, bukannya jalan provinsi yang banyak dilintasi kendaraan,” ujar Ridwan yang dilansir dari republika.co.id

 

Namun, dampak dari longsor tersebut tidak terlalu lama karena para warga saling membantu untuk membersihkan material longsor sehingga sekarang ini jalanan sudah bisa dilewati.

 

Selain itu, longsor juga terjadi di Kampung Gunung wayang Desa Depok, Pakejang. Longsor terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan materialnya menutupi jalan Provinsi. Namun, warga masih tetap bisa melintas karena material longsor tidak terlalu besar.

 

Sama halnya dengan longsor di Pakenjang, warga Desa Depok juga saling membantu membersihkan material longsor yang jatuh sehingga badan jalan bisa dilewati seluruhnya.

 

Ridwan menghimbau masyarakat Garut yang berada di kawasan selatan agar lebih waspada ketika berkendara. Karena jalur di sekitar kawasan selatan sangat rawan terjadi longsor, apalagi ketika musim hujan seperti saat ini.

 

Sebenarnya sebelum longsor terjadi bisa dipantau menggunakan slope monitoring system. Tujuannya untuk memantau karakter tanah dan juga pergerakan serta muka air tanah. Sehingga tanda-tanda akan terjadinya longsor bisa diketahui. Ketika longsor terjadi bisa diberi peringatan melalui early warning system sehingga warga dan orang-orang yang melintas di daerah tersebut bisa segera menghindar.

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan slope monitoring dan pemasangan early warning system secara permanen. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau chat dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan website ini.



Another Blog