Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Mengenal Jenis NDT Ultrasonic

11 August 2017 07:47


Setiap material ataupun objek dengan struktur padat pasti memiliki resiko terjadinya kerusakan, sehingga dibutuhkan suatu metode pengujia khusus untuk meminimalisir kerusakan. Metode pengujian yang paling sering digunakan adalah Non Destructive Test (Pengujian Tanpa Merusak). Pada umumnya, pengujian ini sering digunakan untuk berbagai material padat seperti : pipa, balok, tabung, dan lainnya.

 

 

Metode pengujian NDT itu sendiri terbagi menjadi 4 jenis : x Ray Inspection, Gamma Ray Inspection, Magnetic Particle Inspection, dan Liquid Penetrant Inspection.

 

 

Semua metode NDT tersebut mampu mendeteksi adanya kerusakan pada material melalui permukaan benda. Setiap jenis NDT tentunya memiliki metode yang berbeda dengan yang lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang metode NDT Ultrasonic Inspection.

 

metode NDT Ultrasonic

 

NDT Ultrasonic Inspection

 

Sesuai dengan namanya, Ultrasonic merupakan suatu metode NDT yang menggunakan gelombang suara sebagai perantara untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak pada suatu material atau objek. Prinsip kerjanya, gelombang suara dirambatkan pada objek yang diuji, nantinya gelombang suara tersebut akan dipantulkan kembali oleh benda yang diuji. Hasil pantulan ini nantinya akan diamati  dan diinterpretasikan.

 

 

Pada dasarnya, gelombang suara ini memiliki frekuensi 0,5-20 MHz. Pantulan gelombang suara yang dikeluarkan akan dinilai, jika pada objek atau material yang diuji terdapat retak dan void maka pantulan gelombang suara akan terpengaruh sehingga bunyi yang dipantulkan berbeda dengan yang diterima.

 

 

NDT Ultrasonic ini dibangkitkan oleh sebuah transducer yang terbuat dari bahan piezoelektri sehingga dapat merubah energy listrik menjadi energy getaran atau mekanik, kemudian diubah lagi menjadi energy listrik.

 

 

Sudah banyak industry yang menggunakan metode Ultrasonic untuk pemeriksaan material dan komponen yang ada di dalamanya. Metode ini menggunakan alat berupa monitor yang dilengkapi tombol dan juga komponen untuk memicu gelombang ultrasonic. Namun, untuk menjalankan pengujian ini dibutuhkan tenaga ahli dan berpengalaman dalam pengujian NDT.

 

 

Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system di Indonesia menyediakan jasa NDT apapun jenisnya yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Selain menyediakan jasanya, kami juga menjual berbagai macam alat untuk pengujian NDT (Non Destructive Test). Jika anda berminat, silakan hubungi staf kami melalui nomor telpon yang tertera atau berbicara langsung dengan staf kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog