Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Online Monitoring Profil Jalan

02 April 2015 03:58


 

Online Monitoring adalah pemantauan proses pelaksanaan layanan pertanahan serta pelaksanaan program kerja/kegiatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sebagai pengembangan dan terobosan dari sistem monitoring manual.

Melalui monitoring system ini perkembangan proses layanan pertanahan, kinerja kantor, kemajuan pelaksanaan program/kegiatan serta pelaporannya dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan efektif.

Para pemakai jalan seringkali harus menerima kenyataan bahwa banyak jalan raya cepat sekali mengalami kerusakan.Masalah kerusakan dini (premature deterioration) jalan-jalan ini merupakan salah satu masalah terbesar kondisi kerusakan dini ini terutama disebabkan oleh 4 (empat) masalah, yaitu:
1. Muatan berlebihan kendaraan berat (overloaded)
2. Ketidaksesuaian standard mutu lapisan perkerasan jalan untuk lalu-lintas berat
3. kekeliruan dalam pedoman penentuan tebal lapisan perkerasan jalan
4. kurang baiknya sistem drainase jalan

Jenis - Jenis Kerusakan Lentur Jalan

Jenis-jenis kerusakan perkerasan lentur, umumnya diklasifikasikan sebagai berikut:
 

1.Deformasi

Deformasi adalah perubahan permukaan jalan dari profil aslinya (sesudah pembangunan).
 

2.Retak (Crack)

Retak dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan melibatkan mekanisme yang kompleks. Secara teoritis, retak dapat terjadi bila tegangan tarik yang terjadi pada lapisan aspal melampaui tegangan tarik maksimum yang dapat ditahan oleh perkerasan tersebut.
 

3.Kerusakan teksur permukaan
 

Kerusakan tekstur permukaan merupakan kehilangan material jalan perkerasan secara berangsur-angsur dari lapisan permukaan ke arah bawah. Perkerasan nampak seakan pecah menjadi bagian-bagian kecil,seperti pengelupasan akibat terbakar sinar matahari, atau mempunyai garis-garis goresan yang sejajar.
 

Butiran lepas dapat terjadi di atas seluruh permukaan, dengan lokasi terburuk di jalur lalu lintas.

 

Sebagai mana kita ketahui, bahwa, dalam keadaan bergerak, sangat sulit mendapatkan kestabilan kendaran di atas jalan. Kendaraan cenderung lebih sering berayun. Untuk itu digunakanlah sensor monitoring jalan yang memiliki keakuratan untuk pencatatan profil permukaan jalan.

Maka Smart Monitoring Profil Jalan jawabannya. Smart Monitoring Profil Jalan merupakan sistem pengkolektif data yang menampilkan data kondisi jalan, sehingga sangat mungkin untuk digunakan untuk pengukuran parameter.

 

PT Testindo sebagai perusahaan monitoring dan control system indonesia, dapat membantu anda dalam online monitoring profile jalan, kami memiliki engineering berpengalaman dalam melakukan online monitoring profil jalan.

 

Pengalaman kami dalam online monitoring profil jalan adalah, saat kami melakukan pemantauan secara online kondisi jalan di tambang untuk effisiensi penggunaan ban pada dump truk.

 

 

Sumber :
http://www.bpn.go.id/Publikasi/Inovasi/Layanan-Monitoring-Online
http://www.pekalongankab.go.id/fasilitas-web/artikel/teknologi/4800-mengapa-jalan-raya-di-indonesia-relatif-cepat-rusak.html
http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/jurnal-teknik-sipil/article/view/19023/18670

 



Another Blog