Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Daya Dukung Tanah

29 March 2012 20:23


Daya Dukung Tanah

Dalam tahap pembangunan suatu struktur bangunan dibutuhkan data besaran daya dukungtanah dalam menerima beban. Daya dukung tanah perlu diketahui untuk menghitung dan merencanakan dimensi podasi yang dapat mendukung beban struktur yang akan dibangun. Apabila daya dukung tanah tidak mampu menerima beban dari struktur yang direncanakan, dengan data daya dukung tanah yang telah diketahui kita dapat melakukan perlakua  tertentu agar nilai daya dukung tanah dapat mencapai nilai yang diinginkan. penimbunan dan pemadatan merupakan salah satu perlakuan tertentu untuk mendapatkan nilai daya dukung tanah .

Dibeberapa kota besar di Indonesia data daya dukung tanah menjadi salah satu syarat teknis untuk mendapatkan surat IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Tidak hanya struktur yang besar yang diharuskan melakukan penyelidikan tanah untuk mendapatkan nilai daya dukung tanah, tetapi struktur bangunan kecil juga diharuskan untuk melakukan penyelidikan tanah, contoh ruko, rumah lantai 2, dan bangunan gedung lainnya. Pada umumnya penyelidikan tanah yang dilakukan adalah uji SPT untuk penyelidikan tanah yang dalam (>20m) dan sondir untuk mengetahui daya dukung tanah dangkal (<20m). kedu alat tersebut menggunakan alat yang cukup banyak dan berat, pembacaan alatnya pun masih secara manual.
 

 
Sekarang telah ada alat untuk mengukur daya dukung tanah yang lebih simple dan praktis, mudah dibawa kemana-mana dan dapat dijalankan oleh satu orang. Dengan bacaan nilai yang digital dapat diprint out langsung dilokasi, sehingga menghindari dari manipulasi data pengukuran. Alat yang bernama HMP ini tersedia dalam beberapa model sesuai dengan aplikasi penggunaannya.
 
Keunggulan HMP dalam pengukuran daya dukung tanah adalah instalasi alat yang sederhana dan hasil pengukuran lebih cepat diketahui serta tidak dapat dimanipulasi. HMP sangat cocok digunakan dalam pekerjaan pengawasan proyek karena dengan bacaan nilai daya dukung tanah yang digital dan dapat diprint out langsung dilokasi, tidak memungkinkan untuk terjadinya manipulasi data. Berat alat yang ringan juga memudahkan mobilisasi saat penggunaan pada proyek jalan raya atau proyek yang jangkauannya luas dan jauh.
 
 
 


Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com