Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang




     twitter   google+

Latest Post


Pentingnya Condition Monitoring Untuk perawatan mesin

25 April 2013 07:03


 Dalam proses produksi pabrik mesin merupakan salah satu faktor untuk memperlancar proses produksi. Dalam proses produksi  pabrik sangat tergantung dari kondisi mesin.Itulah sebabnya perawatan adalah hal yang harus terjadwal dengan baik  mengingat mesin merupakan salah satu bagian penting untuk eksistensi perusahaan.

Manajemen pemeliharaan mesin merupakan salah satu langkah tepat untuk memanage kapan mesin butuh dilakukan perawatan. Dengan demikian, proses kerja mesin dalam pabrik tetap berjalan lancar sehingga proses produksi tidak akan terhambat.
 
Dalam melakukan perawatan mesin  dibutuhkan condition monitoring yang berguna untuk memonitoring kondisi mesin dari waktu ke waktu. Dengan adanya condition monitoring  manajemen pemeliharaan mesin dapat dilakukan dengan sesuai jadwal .


Tahap perawatan itu sendiri memang merupakan bagian dari industri sehingga bagian ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oelh perusahaan itu sendiri. Program perawatan itu sendiri memiliki peran yang sangat besar dalam mendukung aktifitas produksi. Selain untuk mendukung kelancaran proses produksi, tahap perawatan mesin pabrik juga berperan untuk menjaga kualitas hasil produksi.

Dapat dibayangkan jika tidak adanya condition monitoring pada mesin, kerusakan mesin yang diakibatkan oleh kegiatan produksi sehari – hari tidak dapat dianalisa dan tidak ada tindakan atau perawatan pada akhirnya mengakibatkan mesin produksi akan mati dan kegiatan produksi akan terhenti sehingga kerugian biaya yang sangat besar akan dialami oleh perusahaan.

Condition monitoring sendiri adalah kegiatan pemeriksaan suatu peralatan secara periodik, dengan tujuan agar peralatan dalam kondisi sehat sehingga peralatan dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Condition Monitoring juga terkait dengan Sistem monitoring online marupakan sebuah sistem yang dirancang untuk mengawasi dan melihat seluruh parameter yang terkait dengan aplikasi sebuah sistem pengujian dan pengukuran.