Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Beberapa Alasan Kenapa Rumah Sering Bergetar

12 April 2019 03:56


rumah bergetarSetiap rumah memiliki kemampuan untuk menahan getaran yang skalanya tidak terlalu besar. Bahkan, belakangan ini mulai bermunculan material – material khusus yang diklaim mampu menahan getaran akibat gempa bumi.

 

Bagian rumah yang paling terasa getarannya adalah dinding, jendela, dan sudut rumah. Jika frekwensi getaran masih jarang atau tidak terlalu sering maka Anda tidak perlu panik atau takut.

 

Namun, apa yang terjadi jika dinding atau bagian rumah sering bergetar ?

 

Pasti sangat menyeramkan karena dikhawatirkan rumah tersebut akan ambruk. Sebenarnya tidak semua rumah yang bergetar itu bisa ambruk, tapi itu menandakan ada yang bermasalah pada konstruksinya. Berikut ini beberapa alasan kenapa rumah sering bergetar :

 

-> Struktur pondasi yang tidak terlalu kecil sehingga tidak kuat menahan beban di dalam rumah sehingga menimbulkan getaran ketika ada beban berlebih. Jika kondisinya seperti ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan pondasi.

 

-> Posisi rumah berada di lokasi yang sering dilewati kendaraan atau jalur transportasi seperti rel kereta api, jalan tol, bandara dan lainnya. Hal ini disebabkan getaran yang dihasilkan oleh kendaraan merambat ke struktur bangunan rumah Anda sehingga menyebabkan rumah bergetar. 

 

-> Adanya beban tambahan di dalam rumah seperti penambahan lantai atau tingkat, tandon air, peralatan atau furniture berukuran besar dan lainnya. Kelebihan beban tentunya mempengaruhi kestabilan struktur pondasi sehingga dapat menimbulkan getaran.

 

-> Alasan terakhir yaitu gagal konstruksi. Kondisi ini terjadi akibat konstruksi bangunan yang tidak memenuhi persyaratan sehingga timbul kerusakan pada beberapa bagian struktur yang menyebabkan beberapa bagian sering bergetar, bahkan dapat menyebabkan bangunan ambruk.

 

Ketika suatu bangunan mengalami gagal konstruksi biasanya akan memberikan beberapa gejala sebelum ambruk seperti timbulnya retakan atau patahan, pondasi bergeser, dan lainnya. Jika sudah timbul gejala tersebut sebaiknya segera lakukan audit struktur bangunan.

 

Maka dari itu, ada baiknya Anda ingat-ingat kapan getaran di rumah mulai terasa? Apakah sejak pertama kali rumah ditempati ? ketika ada pembangunan di sekitar rumah ? atau tiba-tiba saja rumah tersebut bergetar?

 

Karena ini merupakan bagian dari Analisa untuk memahami alasan kenapa rumah Anda bergetar.

 

Testindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang control dan monitoring system menyediakan layanan audit struktur bangunan, building monitoring system dan pile test untuk berbagai jenis bangunan seperti perumahan, gedung, rumah sakit, rusun, dan lainnya.

 

Pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami di nomor Telepon : 021 29563045, WA : dan email : sales@testindo.com atau bisa juga melalui chat interaktif kami yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog