Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Fungsi GPS Monitoring Dalam Slope Monitoring

04 July 2013 09:47


slope_monitoringPemantauan kondisi pergerakan tanah pada lereng atau slope monitoring dapat dideteksi dengan berbagai metode dan juga alat, salah satunya adalah Global Position System (GPS), didalam pemantauan tersebut digunakan GPS yang disebut GPS Monitoring.


Pemantauan kondisi lereng gunung sangatlah perlu untuk diperhatikan. Karena kondisi tanah pada lereng gunung setiap saat bisa saja mengalami perubahan. Perubahan dapat ditinjau dari perubahan struktur dan kontur tanah pada lereng gunung. Pergerakan dan perubahan kontur tanah bisa terjadi, karena disebabkan oleh beberapa faktor. Yaitu faktor perbuatan manusia dan faktor tragedi alam.

 

 

Fungsi Teknologi GPS Monitoring pada pemantauan kondisi lereng atau slope monitoring adalah Untuk mengukur tingkat deformasi kerak dan kecepatan lempeng tektonik untuk lebih dari 1 mm / tahun.

 

 

Integrasi GPS dengan teknologi digital canggih telah melahirkan model monitoring yang sama sekali baru. Saat ini, jaringan GPS memberikan engineer dan ilmuwan dengan kemampuan untuk :

 

  • Terus memantau posisi tempat secara tiga dimensi dan perpindahan secara real-time.
  • Memantau perpindahan relatif antara titik yang tidak saling terlihat, lebih dari pemisahan stasiun dari meter hingga ratusan kilometer.
  • Memantau secara jarak jauh dengan melalui komunikasi nirkabel dan Internet.

 

Daerah Rawan Longsor Membutuhkan GPS Monitoring

 

Dari informasi diatas dapat disimpulkan pentingnya GPS Monitoring ini dalam memantau pergerakan tanah, sehingga dapat menghindari terjadinya bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa. Daerah lereng yang dikatagorikan daerah rawan longsor seharusnya sudah memiliki GPS Monitoring ini dan juga sudah melakukan pemantauan kondisi pergerakan tanah atau slope monitoring.

 

Karna jika tidak melakukan pemantauan dikhawatirkan jika terjadi bencana atau hal yang tidak di inginkan akan mengakibatkan berbagai macam kerugian, contohnya kerugian materi,tempat tinggal dan kemungkinan korban jiwa.Dilihat dari fungsinya dan juga kemudahan dalam melakukan pemantauan GPS Monitoring sangat membantu dalam melakukan aktivitas pemantauan kondisi pergerakan tanah atau slope monitoring.

 

Testindo Selaku perusahaan yang bergerak dibidang Jasa dan Pengujian mempunyai produk GPS Monitoring untuk kebutuhan anda.



Another Blog