Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Eddy Current Test Tubing

25 July 2018 09:32


eddy current test tubing

Eddy current testing adalah metode pengujian NDT atau non destruktif test yang digunakan secara luas untuk memeriksa tubing pada heat exchanger, pembangkit uap, kondensor, pendingin udara dan feedwater heaters.

 

Eddy current tubing merupakan cara yang paling efektif untuk menganalisa kondisi dan masa aktif tabung khususnya pada industri pembangkit listrik, kimia, pupuk, petrokimia dan pendingin udara. Pengujian ini dilakukan untuk mendeteksi terjadinya korosi, retakan, erosi dan perubahan lainnya pada baigan permukaan interior dan eksterior tabung.

 

Pengujian ini merupakan metode inspeksi high speed, salah satu kelebihan utamanya adalah dapat dilakukan melalui cat atau lapisan material. Namun, Eddy Current testing hanya cocok dilakukan pada material non ferro seperti baja tahan karat, tembaga dan titanium.

 

Eddy current testing menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengidentifikasi cacat pada tabung (tubing). Sebuah probe dimasukkan ke dalam tabung dan didorong ke seluruh area tabung. Arus Eddy dihasilkan oleh kumparan elektromagnetik dalam probe dan dipantau secara bersamaan dengan mengukur probe impedansi listrik. Nantinya probe akan memberikan informasi mengenai lokasi cacat tabung. Data pemindaian akan direkam oleh software yang sudah terintegrasi sehingga berfungsi sebagai cadangan jika suatu saat dibutuhkan.

 

Kelebihan lain dari Eddy Current Testing yaitu mampu mendeteksi cacat dengan cepat sehingga bisa langsung dilaporkan untuk dilakukan perbaikan ataupun penggantian.

 

Eddy Current Testing membutuhkan keahlian dan peralatan khusus sehingga tidak sembarang orang bisa melakukannya karena dibutuhkan pelatihan bersertifikat untuk dinyatakan layak.

 

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang testing & measurement menjual instrument Eddy Current Test Tubing dari Mac NDT Amerika. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 081399291909, Email: sales@testindo.com



Another Blog