Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Apa itu NDT (Non Destructive Testing) ?

02 October 2017 10:00


Pengujian mesin atau material sangatlah penting untuk memenuhi standarisasi produk mesin atau material yang menentukan tingkat kualitas dan mutu suatu  produk.
 

non_destructive_testNon Destructive Test (NDT) atau biasa dikenal dengan pengujian tanpa kerusakan adalah aktifitas tes atau pengujian terhadap suatu objek (material, rangka mesin ,rangka pipa, dll) untuk mengetahui lebih jelas kondisi mesin dan untuk mengetahui isi kandungannya dan komposisi yang ada dalam objek pengujian, apakah kondisi objek dalam keadaan rusak, retak, hancur atau terjadi ketidak sinambungan objek atau hal-hal lainnya yang mungkin terjadi.

Pengujian yang terstruktur dilakukan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa merusak objek yang sedang dalam proses pengujian. Pada dasarnya, pengujian ini dilakukan untuk menjamin bahwa material (objek) yang digunakan masih dalam masa aman dan belum melewati batas toleransi kerusakan material.

Proses Non Destructive Test (NDT)  biasanya dilakukan dua kali atau bisa lebih berdasarkan kebutuhannya, berikut dua proses yang mayoritas dilakukan :

  • Pengujian objek dari awal pembuatan serta pengujiannya sampai dengan diakhir proses pengujian  untuk menentukan kandungan objek dan dapat ditentukan untuk menguji hasil material serta mutunya, Non Destructive Test (NDT) ini dijadikan sebagai bagian dari kendali mutu dari pada mesin atau material itu sendiri.
     
  • Pengujian material dan mesin yang telah dalam tahap pengesahan standarisasi setelah material atau mesin digunakan dalam jangka waktu tertentu, setelah itu diuji tingkat ketahanan berdasarkan penggunaan mesin dengan waktu yang telah ditentukan bertujuan untuk memperoleh kekurangan atau kegagalan suatu mesin atau material sebelum mencapai batas toleransi kerusakannya.

 

>>>Klik Disini untuk Pemesanan Jasa NDT<<<

 

Beberapa yang perlu diperhatikan dalam sistem pengujian NDT  :

  • Pengujian ini memprioritaskan keutuhan mesin maksud utamanya adalah agar terjaganya objek yang diuji dari awal pengujian tanpa memberikan dampak buruk atau pun kehancuran objek uji dan mengulas habis hasil data tentang objek yang diproses untuk mendapatkan review kekurangan objek, kerusakan objek, tingkat cacat objek dan kegagalan objek yang terjadi. Setelah didapatkan hasil yang akurat objek yang telah diuji jika mengalami banyak kerusakan dapat dilakukan condition monitoring yang terstruktur untuk dapat dimaksimalkan kembali dalam tahap penggunaan atau pengujian kembali tetapi jika mengalami cacat fisik pada objek yang diuji akan ditindak lanjuti berdasarkan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan penyesuaian standarisasi objek yang telah ditetapkan.
     
  • Vibration Analysis (Analisa Getaran) analisa getaran dapat dilakukan pada saat pengujian untuk mengetahui kondisi mesin berdasarkan getaran mesin.
     
  • Sound Analysis (Analisa Suara) analisa suara dapat dilakukan pada saat pengujian untuk mengetahui kondisi mesin berdasarkan suara mesin.

PT Testindo menyediakan layanan terkait jasa NDT ( Non Destructive Test) yang didukung dengan tenaga ahli. Untuk info lebih lengkapnya anda bisa klik disini : Testindo.com/kategori/194/non-destructive-testing



Another Blog