Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Pergerakan Tanah di Bawen, Semarang

09 January 2018 09:40


pergerakan tanahTanah perbukitan yang berlokasi di RT 02 RW 10 Dusun Bendo, Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang mengalami pergerakan dan sebanyak 12 keluarga terancam kehilangan tempat tinggal sebab pergerakan tanah berada di area rumah warga.

 

Kejadian ini membuat warga merasa khawatir karena sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan warga. Tanah bergerak sebenarnya sudah terjadi pada selama satu pekan, hujan lebat semalaman membuat pergerakan tanah menjadi terlihat signifikan pada hari minggu pagi (7/1/2018).

 

Dilansir dari laman kompas.com, Jumain, salah satu warga mengatakan “setiap turun hujan kami harus tidur sambil berjaga di teras, cucu-cucu tidur di lantai. Biar kalau terjadi apa-apa bisa langsung tahu.” Ujarnya.

 

Masih ada sekitar 11 warga yang mengalami fenomena alam tanah bergerak, 5 warga ini tinggal di area perbukitan terasering permukinan lapis pertama yaitu Joni, Suyoto, Prihono, Saru dan Anto. Sedangkan sisanya yakni Rusman, Saroso, Purwati,Mardi, Darpono dan Darso menempati area terasering permukiman lapis kedua.

 

Paryanto, selaku Kepala Desa Kandangan mengatakan “tanah bergerak ini sebenarnya sudah terjadi sejak setahun lalu, lahan ini mulanya dimiliki PTPN IX dan terjadi rekahan dengan kedalaman 1 meter dan sekarang telah bertambah menjadi 2 meter.” Kata Paryanto

 

Pihak PTPN IX memberikan tiga opsi untuk merelokasi warga yaitu dengan memindahkan warga ke wilayah Jatirunggo, Kecamatan PringApus, opsi kedua diberikan ganti rugi berupa uang. Namun jika terjadi longsong PTPN IX tidak tanggung jawab dan opsi terakhir, warga diminta mencari lahan sendiri.

 

Tanah yang bergerak memiliki diameter yang cukup besar sekitar 10 sentimeter hingga 1,5 meter dan kemiringan 45 derajat dengan tekstur tanah terasering ketinggian kurang dari 100 meter.

 

PT Testindo menyediakan layanan slope monitoring system untuk memantau kestabilan tanah lereng dan juga monitoring keretakan tanah. Informasi lebih jelasanya silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testindo.com

 

Informasi lainnya bisa Anda tanyakan langsung dengan tim kami dengan memanfaatkan fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.

 

Sumber gambar: Kompas.com (Topan - SAR Bumi Serasi)



Another Blog