5 Alat Uji Material Industri Manufaktur
Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

5 Alat Uji Material yang Wajib Dimiliki Pelaku Industri Manufaktur

15 October 2018 09:46


Manufaktur dikenal sebagai industri yang mengolah bahan atau material mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual atau nilai tambah menggunakan mesin atau dengan cara manual. Maka dari itu, setiap material yang akan diolah harus dipastikan memiliki kualitas yang baik sehingga mampu menghasilkan produk yang unggul.

 

Ada beberapa parameter yang digunakan untuk menentukan kualitas suatu material seperti kekerasan, ketebalan, tingkat cacat atau crack material, dan lainnya.

 

Dalam menentukan parameter tersebut maka dibutuhkan alat pengujian untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat. Apa saja alat uji material yang harus dimiliki setiap pelaku industri manufaktur ??  Berikut ini ulasannya :

 

Hardness Tester

Hardness TesterSesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk uji kekerasan khususnya untuk material yang terbuat dari logam. Hardness tester terbagi menjadi 2 jenis yaitu bench hardness tester dan portable hardness tester.

 

Bench hardness tester biasanya digunakan untuk menguji material di dalam laboratorium. Sedangkan portable hardness tester bisa dibawa kemana saja untuk pengujian material di lapangan karena memiliki bentuk yang minimalis.

 

 

 

 

Ultrasonic Flaw Detector

Ultrasonic Flaw DetectorSetiap material pasti memiliki resiko cacat seperti sedikit berlubang, retak, dan lainnya. Maka dari itu dibutuhkan alat Ultrasonic Flaw Detector untuk mendeteksi cacat pada material menggunakan gelombang ultrasonic.

 

Alat ini bisa digunakan untuk menguji material atau bahan logam yang masih mentah sebelum masuk ke proses produksi dan juga bisa digunakan untuk menguji material yang sudah jadi ataupun yang masih setengah jadi.

 

 

 

 

 

Coating Thickness Gauge

Coating Thickness GaugeSetiap material atau produk jadi biasanya dilapisi cat agar terlihat lebih menarik dan siap kirim. Namun, dalam proses pengecatan tentunya harus sesuai, tidak boleh terlalu tipis dan tidak boleh terlalu tebal. Maka dari itu dibutuhkan coating thickness gauge untuk mengukur ketebalan cat pada material.

 

Alat ini bisa digunakan langsung pada benda yang sudah dilapisi cat salah satu contohnya adalah bodi kendaraan. Tinggal menempelkan coating thickness gauge pada bodi kendaraan maka akan terlihat nilai ketebalan lapisan cat.

 

 

 

 

Magnetic Flaw Detector

Magnetic Flaw DetectorFungsi dari alat ini sebenarnya juga untuk menganalisa atau mendeteksi cacat pada material. Namun, metode yang digunakan yaitu menggunakan medan magnet, itulah mengapa alat ini diberi nama Magnetic Flaw Detector.

 

Pengujian menggunakan alat ini termasuk NDT (Non Destructive Test) karena sifat pengujiannya tidak merusak sehingga material yang diuji bisa digunakan lagi untuk produksi.

 

 

 

 

 

Universal Testing Machine

Universal Testing MachineSetiap material memiliki maksimal kuat tekan dan tarik artinya material memiliki batas akhir kemampuan menahan tekanan dan tarikan. Untuk menentukan parameter ini maka harus dilakukan pengujian menggunakan mesin uji tekan dan mesin uji tarik atau yang sudah terintegarasi dalam satu alat yang disebut universal testing machine.

 

Pengujian ini termasuk jenis Destructive Test atau uji merusak sehingga material yang diuji tidak bisa digunakan lagi.

 

 

 

 

Roughness Tester

Roughness TesterSetiap material memiliki tingkat kekasaran yang berbeda, salah satu cara untuk mengukur kekasaran permukaan material yaitu menggunakan roughness tester. Material yang permukaannya terlalu kasar sangat rentan terhadap korosi dan mudah retak.

 

Alat ini bersifat portable sehingga bisa dibawa untuk pengujian material di lokasi atau lapangan. Roughness Tester menggunakan sensor yang terletak pada bagian probe untuk mendeteksi seluruh permukaan material. Nantinya sensor akan memberikan nilai pengukuran yang bisa dilihat melalui layar display atau monitor.

 

Jika Anda berminat untuk membeli alat uji material yang ada diatas silakan kunjungi website divisi penjualan alat pengujian kami di Testingindonesia.com



Another Blog

  • Jasa Investigasi Kecelakan diperlukan


    Jasa Investigasi Kecelakan diperlukan
    Masih ingat kejadian runtuhnya jembatan tenggarong ?  Seperti kita ketahui , pasca runtuhnya jembatan…
  • Instrumentasi Monitoring untuk Terowongan


    Instrumentasi Monitoring untuk Terowongan
    Sekarang ini sarana transportasi sudah semakin banyak sehingga jalanan pun semakin padat. Untuk mempercepat…
  • Pengaruh Air Tanah pada Lahan gambut Terhada…


    Pengaruh Air Tanah pada Lahan gambut Terhada Fluks CO2
    Tanah gambut adalah jenis tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang mati atau membusuk ribuan…
  • Pergerakan Tanah di Bawen, Semarang


    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: getimagesize(articles/images/s_grad.gif): failed to open stream: No such file or directory

    Filename: helpers/image_helper.php

    Line Number: 198

    The path to the image is not correct.

    Your server does not support the GD function required to process this type of image.

    The path to the image is not correct.

    Your server does not support the GD function required to process this type of image.

    Pergerakan Tanah di Bawen, Semarang
    Tanah perbukitan yang berlokasi di RT 02 RW 10 Dusun Bendo, Desa Kandangan, Kecamatan Bawen, Kabupaten…