Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

3 Penyebab Utama Kerusakan pada Mesin Industri

12 October 2018 03:56


predictive maintenanceLayaknya tubuh manusia, mesin industri juga harus selalu dirawat. Tingkat perawatannya disesuaikan dengan tingkat penggunaannya. Perawatan mesin secara berkala tentunya dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap komponen mesin itu sendiri, sehingga mesin industri tetap stabil dan proses produksi dapat berjalan dengan lancar.

 

Setiap mesin industri pasti memiliki resiko kerusakan yang bisa terjadi kapanpun. Ada tiga jenis penyebab kerusakan mesin industri yaitu human eror (kerusakan oleh manusia), rusak karena faktor usia mesin, dan juga rusak karena kurang perawatan.

 

 

Human Error (Kerusakan Oleh Manusia)

Penyebab utama terjadinya kerusakan mesin oleh manusia atau operator yaitu karena kurangnya pengetahuan dalam mengoperasikan alat atau mesin industri. Sebenarnya, inilah alasan utama kenapa pada setiap mesin selalu dilengkapi dengan buku panduan (manual book) pengoperasian mesin.

 

Selain menyediakan manual book, ada juga beberapa produsen mesin industri yang menyediakan video tutorial dan training atau pelatihan secara langsung pengoperasian mesin oleh engineering.

 

Maka dari itu, untuk operator yang bertugas sebaiknya diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum mengoperasikan alat. Dengan begitu kerusakan akibat human error dapat diminimalisir. Banyak produsen mesin industri yang tidak menerima garansi jika kerusakan tersebut disebabkan oleh kelalaian dan kesalahan dalam mengoperasikan alat.

 

Kerusakan Karena Faktor Usia

Sedangkan kerusakan jenis ini biasanya memang sering terjadi karena umur mesin yang sudah terlalu tua dan sudah sering digunakan. Setiap mesin biasanya memiliki usia maksimal penggunaan, jika melewati batas usia yang ditentukan maka rentan mengalami kerusakan.

 

Kerusakan pada fase ini disarankan untuk mengganti komponen yang mesin yang sudah tidak layak fungsi dengan komponen atau sparepart yang baru. Jika ada dana lebih, sebaiknya beli mesin industri yang baru agar produksi dapat berjalan dengan lancar.

 

Kerusakan Akibat Kurang Perawatan

Mesin industri tidak jauh berbeda dengan mesin kendaraan seperti mobil dan motor yang harus selalu dirawat dengan baik. Jika kapasitas penggunaan mesin terlalu besar tapi tidak diiringi dengan perawatan yang baik secara berkala maka mesin akan mengalami aus bahkan bisa menjadi kerusakan yang cukup fatal.

 

Dengan perawatan mesin yang baik maka komponen kerja mesin tetap berfungsi dengan baik sehingga kerusakan dapat dihindari. Efeknya, biaya operasional mesin juga dapat dihemat.

 

Salah satu jenis perawatan pada mesin yaitu dengan melakukan Predictive Maintenance.

 

Apakah predictive maintenance ?? silakan baca penjelasannya disini : Predictive Maintenance

 

Dengan melakukan predictive maintenance maka jika terjadi kejanggalan atau gangguan pada proses kerja mesin dapat segera diketahui dan diperbaiki.

 

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang monitoring system dan engineering solution menyediakan layanan predictive maintenance untuk mesin industri. Selain itu, kami juga menyediakan layanan repair dan upgrade mesin industri dari sistem analog ke digital.

 

Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Email: sales@testindo.com



Another Blog