Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Otomasi Sistem Produksi pada Dunia Industri

31 August 2018 09:24


otomasi sistem produksiSecara definis, otomasi sistem produksi adalah mengubah semua proses produksi pada suatu industri dari manual menjadi otomatis menggunakan sistem mekanik, elektronik dan sistem berbasis komputerisasi. Metode otomasi ini pertama kali diterapkan oleh James Watt pada governor sentrifugal miliknya untuk mengontrol kecepatan mesin sekitar abad ke 18.

 

Sistem otomasi pada industri manufaktur merupakan yang paling banyak diterapkan dibandingkan industri lainya. Mulai dari pemilihan material, perakitan, hingga quality control bisa dilakukan secara otomatis.

 

Berikut ini alasan penggunaan otomasi sistem produksi  pada industri :

  • Menghemat biaya tenaga kerja
  • Dapat meningkatkan hasil produksi
  • Hasil kerja lebih berkualitas
  • Terhindar dari kesalahan manusia (human eror)
  • Keamanan lebih terjaga
  • Produksi bisa berjalan dengan cepat

 

Tentunya alasan peneraan otomasi tersebut sudah diperhitungkan dengan matang demi kelancaran, kenyamanan dan keamanan selama proses produksi berlangsung. Otomasi dalam sistem produksi itu sendiri terbagi menjadi 3 macam yaitu :

 

Fixed Automation

Otomasi ini menggunakan sistem operasi yang sudah terintegrasi dengan software dan komponen elektrik yang berupa perangkat atau mesin untuk menjalankan proses produksi. Namun, investasi di awal untuk otomasi ini memang cukup tinggi tapi sesuai dengan hasil yang diterima.

 

Otomasi Programmable

Perangkat produksi yang dibuat dengan sistem operasi yang sudah diprogram untuk melakukan produksi dengan kemampuan berubah urutan operasi dan juga mampu melakukan produksi untuk produk yang berbeda bentuk.

 

Otomasi Fleksible

Sebenarnya otomasi ini merupakan bentuk pengembangan dari programmable. Otomasi ini menggunakan sistem operasi yang mampu melakukan produksi tanpa ada jeda waktu atau saling terkait dengan sistem produksi lainnya.

 

Berikut ini beberapa peralatan yang menggunakan otomasi untuk sistem produksi :

 

Mesin CNC (Computer Numerical Control)

Mesin ini menggunakan sistem produksi otomatis yang dioperasikan menggunakan perintah yang sudah diprogram melalui sebuah software khusus CNC.

 

Conveyor

Mesin ini berfungsi untuk membawa barang dari satu tempat ke setiap tempat produksi hingga selesai dibuat berupa produk jadi. Conveyor menggunakan motor penggerak dan juga beberapa program yang bisa dikontrol melalui panel.

 

Robotika

Beberapa land produksi menggunakan sistem otomasi robotika seperti untuk pengelasan (welding) dan perakitan (Assembling). Sistem robotika ini sudah terintegrasi dengan software yang sudah diprogram oleh software engineer.

 

Otomasi sistem produksi sangat membantu pihak industri dalam efesiensi waktu dan biaya tapi tetap memperhatikan kualitas hasil produksi hingga siap kirim.


Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solution menyediakan layanan otomasi dan upgrade mesin industri yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi lengkap silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 081399291909, Email: sales@testindo.com



Another Blog