Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Insiden Kebocoran Pipa Gas di Laut Bojonegara, Banten

11 July 2018 07:48


kebocoran pipa gas lautInsiden pipa gas bocor kembali terjadi di perairan Banten wilayah laut Bojonegara, Serang pada Senin (9/7/2018) pagi. Sudah dipastikan pipa tersebut bukan miliki Perusahaan Gas Negara (PGN).

 

Syafrian Akbar, selaku staff operasional dan maintenance di jaringan PGN Bojonegara menjelaskan ada dua jalur pipa gas di laut Bojonegara yaitu pipa gas miliki PGN dan satu lagi pipa miliki CNOOC SES Ltd yang merupakan perusahaan pemasok gas ke PLTUG Cilegon.

 

Pihak PGN sendiri sudah melakukan konfirmasi bahwa pipa yang bocor tersebut milik CNOOC.

 

“Bukan (pipa gas PGN) ini kita lagi ke lokasi, lokasi kita dari jalur Pipa itu 8 kilo kebocoran pipa itu. Karena informasi dari PGN pusat pun membenarkan itu miliki CNOOC seperti itu,” kata Syafrian yang dilansir dari detik.com (9/7/2018).

 

Pipa gas milik PGN dan pipa gas milik CNOOC tidak bersinggungan secara langsung sehingga bisa dipastikan pipa PGN tetap dalam keadaan aman. Namun, pihak PGN tetap melakukan pemantauan pada jalur pipanya.

 

Untuk meneyelidiki peneybab kebocoran pipa gas ini, diturunkan 18 personel tim penyelam untuk menelusuri kedalaman 20 meter. Tujuan penyelaman ini untuk menyelidiki apakah pipa gas tersebut putus, bocor atau karena kerusakan pada pipa.

 

Akibat kejadian ini, PLTG Cilegon harus menurunkan kapasitasnya dari 570 MW menjadi 221 MW karena berkurangnya pasokan gas di PLTGU Cilegon. Namun, bisa dipastikan pasokan listrik khsusnya di wilayah Jawa bagian barat masih tetap aman.

 

Testindo menyediakan layanan Fiber Optic Pipeline Monitoring System Oil and Gas untuk memantau kebocoran pada pipa gas sejak dini. Informasi pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@testindo.com



Another Blog