Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

3 Inovasi Terbaik di Bidang Engineering

04 July 2018 07:59


Dunia engineering terus melakukan adaptasi dengan adanya perkembangan teknologi saat ini. Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan berbagai inovasi memang cukup besar, tapi efek yang dihasilkan nantinya mampu menghemat anggaran lebih banyak lagi.

 

Sekarang ini perkembangan teknologi di bidang engineering bukan hanya seputar robotic saja tapi ada juga yang berupa material konstruksi, smart sensor, dan RFIDs. Berikut ini beberapa macam inovasi luar biasa di bidang engineering :

 

1) Colorado DOT Menguji Kendaraan Konstruksi Pertama di Dunia yang Bisa Berjalan Sendiri

 

The Autonomous Impact Protection Vehicle (AIPV), yang juga dikenal sebagai Autonomous Truck Mounted Attenuator (ATMA), oleh Royal Truck and Equipment adalah jenis kendaraan pertama yang menggunakan sistem leader-follower (pemimpin-pengikut) untuk beroperasi. Truk TMA tradisional pertama bertindak sebagai leader (pemimpin), sedangkan Truk ATMA yang bisa berjalan sendiri mengikuti truk tradisional yang ada di depannya.

 

Menggunakan kendaraan yang bisa bergerak sendiri (self-drifing) untuk menerima dampak buruk yang terjadi mungkin masuk akal, tetapi bagaimana cara kerjanya? Melalui sistem penerima GOS, komputer, kompas, dan transceiver, kendaraan pengikut (follower) yang bergerak tanpa pengemudi secara otomatis menyesuaikan kecepatan dan arah untuk menjaga jarak aman dari kendaraan pemimpin yang dioperasikan oleh manusia.

 

 

Dengan melibatkan Colas (perusahaan infrastruktur di Inggris), Colorado DOT dan Royal Truck and Equipment belakangan ini mengerahkan ATMA Truck di zona kerja konstruksi secara langsung.

 

2) Peneliti Temukan Bahan Tambaha untuk Membantu Beton agar Kuat Menahan  Gempat Bumi  9,0 Magnitude

 

Dalam upaya menjaga bangunan dan penghuninya tetap aman ketika terjadi gempa besar, para peneliti di University of British Columbia telah menemukan penguat beton model spray atau semprot yang mampu meningkatkan ketahanan beton terhadap gempa bumi dengan kekuatan mencapai 9,1 magnitude.

 

 

Dinding beton disemprot dengan bahan penguat yang terbuat dari “serat berbasis polimer, flyash, dan bahan industri lainnya,” dengan ketebalan lapisan 0,4 inci (10mm). Metode Penulangan retrofit yang dicampur bahan ini membuat beton melekuk mengikuti gerakan gempa atau menjadi lebih lentur.

 

Produk ini disebut Eco-Friendly Ductile Cementitious Composite, atau EDCC.

 

Ini adalah produk yang sangat menarik, karena bahan ini dimaksudkan sebagai retrofit untuk dinding yang sudah jadi sehingga dapat membantu menyelamatkan banyak jiwa jika terjadi gempa bumi. Pemasangan EDCC tidak perlu melakukan pembongkaran yang menguras biaya, tenaga dan memakan waktu untuk karena bisa dilakukan dengan cepat.

 

3) Printer 3D Beton Yang Dapat Mencetak Struktur Bangunan dalam Waktu Kurang dari Sehari

 

Setidaknya ada dua mesin cetak beton robot yang diresmikan ke dunia tahun lalu, satu dari perusahaan Rusia yang bernama Apis Cor dan satu lagi dari MIT.

 

Konsep lengan robot MIT, yang Anda lihat dalam video di bagian bawah artikel ini, memiliki banyak karakteristik yang sama dengan printer 3D lengan robot Apis Cor asal Rusia yang dapat menyelesaikan struktur rumah dari beton dalam waktu kurang dari 24 jam pada tahun lalu. Kedua robot tersebut mudah dipindahkan dan digerakan sehingga dapat mengerjakan berbagai pekerjaan konstruksi dan juga mampu beradaptasi dengan kondisi di lingkungan sekitar.

 

 

Meskipun teknologi ini masih dalam tahap pengembangan, semua poin menunjukkan bahwa teknologi ini bisa digunakan pada wilayah rawan bencana untuk membuat tempat penampungan dan juga bisa digunakan di lokasi terpencil dalam waktu kurang dari satu hari.

 

Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan berbagai layanan di bidang engineering solution seperti automation system, upgrade repair Industry machines, Special Purpose Machine, Building Automation System, PDA Test, CSL Test, dan lainnya.

 

Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@testindo.com

 

Anda juga bisa bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.

 

Sumber: constructionjunkie.com



Another Blog