Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Mengintip SMART Tunnel Buatan Malaysia

31 May 2018 05:47


Negara Malaysia membuat banyak inovasi dalam bidang infrastruktur untuk mengatasi berbagai jenis permasalahan di kota-kota besar termasuk banjir. Salah satu inovasi yang dilakukan untuk mengatasi banjir yaitu membangun terowongan yang diberi nama SMART tunnel (Stormwater Management and Road Tunnel).

 

Terowongan ini berfungsi sebagai sarana transportasi seperti untuk Jalan Tol, LRT (Light Trainsport Railway), dan juga yang berfungsi sebagai hybrid (sarana transportasi yang juga berfungsi sebagai pengendali banjir)

 

Terowongan serba guna ini dibangun tepat di bawah kota Kuala Lumpur dengan menghabiskan biayan 3,9 triliun. Terowongan ini memiliki 2 bagian yaitu Terowongan Kendaraan (Motorway Tunnel) panjangnya 4 km (2,5 mil) yang terdiri dari 4 jalur double deck (bersusun dua) dan Terowongan Banjir (Stormwater Tunnel) dengan panjang 9,7 km (6 mil).

 

Yang membuat terowongan ini menjadi unik yaitu selain dapat mengalirkan banjir besar (flash flood) ke sungai, ternyata terowongan ini juga digunakan untuk lalu lintas mobil kecil dengan metode pengambilan biaya untuk penumpangnya saja.

 

Jika sedang terjadi banjir basar maka terowongan tersebut akan dibuka 48 jam setelah banjir surut dan jika kondisi terowongan dalam keadaan normal atau tidak banjir maka dibuka untuk lalu lintas kendaraan seperti jalanan pada umumnya.

 

Standart operasi SMART Tunnel ini ada 3 mode sesuai dengan kondisi hujan. Jika hujan dalam kondisi normal maka bagian yang akan teraliri air hanya pada lantai pertama terowongan saja sehingga sarana transportasi tetap bisa berfungsi dengan normal.

 

Namun, intensitas hujannya cukup besar dan sering maka seluruh lantai pada SMART Tunnel ini akan berpindah fungsi menjadi saluran air.

 

SMART Tunnerl ini dilengkapi ruang control dengan sistem teknologi canggih yang sudah terintegrasi dengan manajemen operasi, pemeliharaan dan pengawasan secara keseluruhan. Sedangkan untuk ventilasi udara pada setiap jarak 1 km dibuat lubang ventilasi dan air fresh injector (untuk memasukan udara bersih dan segar ke dalam terowongan).

 

 

Demi menjaga kenyamanan dan keamanan pengendara di dalam terowongan, SMART Tunnel juga dilengkapi alat pemadam kebakaran, telekomunikasi dan instrument monitoring setiap jarak 1 km.

 

Terowongan ini dibangun dalam waktu yang cukup lama yaitu 4 tahun yang dimulai pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2007 dengan menerapkan metode pengeboran dalam tanah menggunakan alat yang disebut TMB (Tunnel Boring Mahcine).

 

Dengan adanya terowongan ini terbukti kota Kuala Lumpur terbebas dari banjir, bahkan kota tersebut berani mengklaim sebagai satu-satunya kota yang terbebas dari banjir. Kabarnya, inovasi dari Negeri Jiran tersebut juga menjadi inspirasi Joko Widodo untuk membangun terowongan serupa ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

 

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solution menyediakan layanan Building Automation System (BAS). Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@testindo.com

 

Anda juga bisa menanyakan langsung kepada tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog