Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Instrument Yang Digunakan Early Warning System Tsunami

04 December 2017 09:57


Saat ini banyak benacana yang melanda beberapa daerah di Indonesia seperti gempa bumi, letusan gunung berapi dan banjir menjadi bencana yang paling sering terjadi. Ketika bencana datang hal paling sederhana dilakukan adalah mengungsi ketempat aman sesuai perintah aparat setempat ataupun pihak berwenang.

 

Bencana memanglah tidak bisa diprediksi, kadang terjadi dengan secara tiba-tiba dan langsung mengenai warga bahkan merusak rumah-rumah dan fasilitas setempat.

 

Perlu dipasangkan alat khusus untuk memantau daerah yang rawan bencana, alat tersebut bernama Early Warning System. Alat ini akan berfungsi untuk memberikan peringatan pada warga agar dapat menyelamatkan diri dari bahaya bencana.

 

Alat Early Waning System mempunyai beberapa komponen untuk memberikan peringatan bahaya, Early Warning System terdapat sensor yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada petugas yang ada di tempat pemantauan.

 

Untuk di setiap pemasangan Early Warning System akan berbeda-beda. Seperti contoh pada Early Warning System yang di pasangkan di dalam laut untuk peringatan terhadap tsunami akan memiliki alat komponen bernama Bottom Pressure Recorder.

 

early warning system tsunami

 

Sumber gambar : www.oceannetwork.ca

 

Instrument Early Warning System Tsunami

 

Alat ini akan di pasangkan kedalam laut untuk merecording getaran gempa bumi yang berpusat pada kedalaman laut, lalu dari alat tersebut akan di hubungkan ke satelit lalu di gambarkan kekuatan getaran kedalam seismograf.

 

Maka getaran yang tergambar dalam seismograf dapat di analisa akan berdampak pada tsunami atau tidak, jika terjadi tsunami maka petugas pemantauan akan melakukan peringatan dan memberikan tanda bahaya kepada masyarakat.

 

Beberapa Negara yang dekat dengan laut biasanya sudah dilengkapi early warning system, salah satunya adalah Jepang yang memang sangat akrab dengan gempa bumi dan tsunami. Namun, pemasangan early warning system harus dilakukan oleh tim ahli agar tidak terjadi kesalahan dan bisa berfungsi ketika bencana terjadi.

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system melayani pemasangan early warning system secara permanen. Testindo dilengkapi dengan instrument yang memadai dan didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi lebih jelasnya silakan hubungi kami di nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog