Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang




     twitter   google+

Latest Post


Perbedaan Bendungan dan Bendung yang Harus Anda Ketahui

06 October 2017 07:21


Ketika datang musim hujan maka fungsi bendungan dan bendung sangat berperan penting untuk mencegah terjadinya banjir, kebutuhan irigasi dan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Kebanyakan orang menilai bahwa kedua bangunan ini mempuyai kesamaan dan bentuk model yang mirip. Namun pada kenyataannya bendungan dan bendung mempunyai perbedaan yang sangat jauh.
Bendungan

 

Bendungan

 

DAM/Bendungan

 

Bedungan merupakan bangunan dam yang didesain untuk menampung jutaan volume air yang bisa dimanfaatkan sebagai Irigasi, tempat wisata dan Pembangkit Listrik Tenaga Air ( PLTA) oleh penduduk di suatu wilayah. Bendungan juga memiliki pintu air yang dapat digunakan untuk mengurangi dan menampung debit air secara berkala.

 

Bendungan dibuat dengan menggunakan material yang kuat dan dengan perencaan yang matang agar tidak terjadi keretakan ataupun keruntuhan pada dinding bendungan yang disebabkan oleh besarnya volume air. Tinggi pada bendungan kecil biasanya 15 meter, sedangkan pada bendungan utama memiliki tinggi sepuluh kali lipat dari bendungan kecil yaitu 150 meter untuk menahan debit air.
Bendung


Bendung

 

Bendung

 

Bendung merupakan bangunan yang befungsi sebagai pembatas yang dibangun melintasi sungai untuk mengubah karakteristik aliran sungai. Bendung dilengkapi pula dengan pintu yang dapat dibuka atau dii tutup secara manual untuk menahan laju air dan sebagai mengukur debit air, melambatkan arus atau aliran sungai.

 

Di Indonesia bendung katulampa merupakan bendung yang paling menentukan adanya banjir di kota Jakarta. Bendung katulampa merupakan peringatan akan terjadinya banjir ketika musim hujan datang. Sehingga ketika debit air di bendung katulampa telah mencapai puncak maka warga yang tinggal di pinggir bantaran sungai ciliwung dapat mengambil tindakan evakuasi atau membuat waduk kecil menggunakan karung pasir disekitar rumah mereka.

 

Supaya bendungan tetap terawat dengan baik maka harus dilakukan monitoring secara berkala. PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan jasa online monitoring pada bendungan. Kami memiliki tenaga ahli dan berpengalaman serta didukung dengan peralatan yang memadai.

 

Informasi pemesanan jasa online monitoring silakan hubungi kami di nomor telpon yang tertera di website ini, atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok bawah website.