Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Load Test Jembatan Jakarta-Cikampek (Japek)

03 May 2018 03:55


Beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami banyak pembangunan, umumnya dilakukan di kota-kota besar. Kebanyakan pembangunan yang dilakukan berupa jalanan, baik itu jalan raya ataupun jalan layang, tujuannya sudah pasti untuk mengurangi kemacetan. Pemerintah terus mempercepat pembangunan jalan agar masyarakat yang tinggal di kota-kota besar tidak terus menerus terjebak macet.

 

 

Jalan tol merupakan akses yang biasa digunakan sebagai jalur kendaraan beroda empat atau lebih untuk mencapai tempat tujuan dengan cepat. Karena semakin hari volume jalan tol semakin meningkat maka dibuat Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek).

 

 

Pembuatan jalan tol layang masih menggunakan Girder yang telah dirancang khusus untuk kebutuhan pekerjaan jembatan, pemilihan girder dapat membuat pekerjaan semakin efisien, mudah pemasangan dan kualitas mutu yang telah terjamin. Sebelum Girder dilakukan pemasangan dilapangan, Girder akan dilakukan pengujian melalui Load Test dengan Test Dinamis dan Statis.

 

 

Load test jembatan

 

 

Gambar diatas merupakan Girder yang masih belum sempurna karena seluruh bagiannya belum dicor beton. Pengecoran dilakukan hanya pada bagian atas untuk mempermudahkan pengujian Load Test. Tujuan dari test ini untuk mengetahui berapa tegangan, regangan, elasitas yang terjadi pada Girder tersebut. Untuk mengukur nilainya maka dipasang Strain Gage untuk membaca strain yang terjadi.

 

 

Load Test Jembatan Japek

 

 

Gambar diatas merupakan pemasangan Stain gage untuk membaca strain yang tejadi pada girder, pemasangan Strain gages tergantung pada panjang girder jika semakin panjang akan membutuhkan Strain gage yang banyak untuk membaca setiap titik. Setelah pemasangan strain gage maka kabel strain gage dilakukan penyambungan ke data longer untuk merekam atau mengolah data dari pembacaan Strain gage.

 

 

Load Test Jembatan

 

 

Kemudian akan dilakukan akselerometer yang berfungsi untuk mengukur percepatan Statis dan Dinamis pada girder, Pengujian Statis merupakan pengujian yang terukur pada gravitasi bumi sedangkan Dinamis merupaka pengujian melakukan benda yang bergerak, namun kali ini pengujian ini hanya dilakukan pengujian metode Statis.

 

 

Jasa Load Test Jembatan Japek

 

 

Gambar diatas merupakan pemasangan akselerometer (kiri) dan starain gage (kanan), untuk memasangkan akselerometer menggunakan solasi perekat untuk merekatkan akselerometer dengan plat baja girder dan ditambah solasi hitam untuk menahan goncangan yang terjadi pada saat test dilakukan.

 

 

Setelah dilakukan pemasangan, kabel akselerometer dihubungkan dengan TMR Instrument untuk membantu merekam goncangan dan getaran yang terjadi pada girder saat dilakukan pengujian metode Statis.

 

 

jasa load test

 

TMR Instrument

 

 

Kemudian, kabel dari Data Longger dan kabel dari TMR Instrument akan dipasang ke adaptor dan dihubungkan ke laptop untuk membaca pengujian metode Statis menggunakan software khusus. Setelah semua alat pengujian telah siap maka pengujian metode Statis bisa dilakukan. Metode ini dilakukan dengan cara memberi beban pada titik tengah Girder untuk memaksimalkan pembacaan dari akselerometer.

 

 

Jasa Load Test Jembatan

 

 

Gambar diatas merupakan pembebanan dengan mengunakan beban sekitar 2 ton yang akan dijatuhkan ke beton girder dengan jarak Girder dengan beban sekitar 30 cm. Pengujian ini dilakukan sebanyak 3 kali untuk mendapatkan nilai yang terjadi.

 

Beban akan dijatuhkan dan akan menghantam beton maka Data longger dan TMR Instrument akan bekerja membaca pergerakan beton dan plat baja pada girder tersebut. Kemudian secara langsung nilai dari hasil pengujian tersebut bisa dibaca melalui software khusus yang dipasang di laptop.

 

 

PT Testindo menyediakan jasa Load Test bangunan dan jembatan yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman serta dilengkapi peralatan yang memadai. Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkapnya silakan hubungi kami ke nomor telpon yang tertera di website ini, atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog