Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang




     twitter   google+

Latest Post


Cara Menggunakan Universal Testing Machine

23 May 2017 09:40


universal  testing machine

Setiap objek atau material yang digunakan dalam suatu industri tentunya harus melewati tahap pengujian untuk mengetahui sejauh mana kualitas dari objek tersebut. Salah satu cara metode pengujiannya dengan uji tarik dan uji tahan menggunakan sebuah alat yang bernama universal testing machine (UTM).

 

Dalam pengujian menggunakan alat ini hanya ditujukan untuk material padat saja. Ukuran dari universal testing machine bervariatif sesuai dengan kebutuhan industri dan luas tempat yang tersedia. Sesuai dengan metode pengujiannya, alat ini memberikan gaya tekan dan gaya tarik pada objek yang diuji, nantinya akan keluar data-data objek pada monitor UTM.

 

 

Data yang dihasilkan UTM (Universal Testing Machine) akan menunjukkan perubahan pada material atau objek yang diuji terhadap gaya yang diberikan, baik itu gaya tarik ataupun gaya tekan.

 

 

Beberapa parameter yang bisa anda dapatkan dari universal testing machine untuk uji tekan dan uji tarik yaitu kekuatan yang dihasilkan (yield strength), modulus elastisitas, kekuatan putus (break strength), kekuatan maximum tekan atau tarik (ultimate strength), regangan putus (break strain), regangan di titik maksimum tekan atau tarik (ultimate strain).

 

 

Cara Menggunakan Universal Testing Machine

 

Pada umumnya, metode pengujian yang menggunakan Universal Testing Machine ada 2 yaitu uji tarik dan uji tekan.

 

 

Uji Tarik (Tensile Test)

 

Metode pengujian ini menggunakan objek yang panjang dan diletakkan tepat pada bagian atas UTM dibawah top plate. Kemudian kunci objek dengan memutar bagian handwheel dan pastikan pengucian sudah kencang. Kemudian nyalakan Universal Testing Machine.

 

 

Prinsip kerja dari UTM ini plate akan memberikan gaya tarik pada objek sampai putus. Nantinya parameter pada UTM akan menunjukkan nilai atau data maksimal kekuatan pada material. Selain itu, anda juga bisa melihat perpanjangan objek yang diuji dengan membandingkan panjang objek dari sebelum dan sesudah diuji.

 

 

Uji Tekan (Compression Test)

 

Dalam metode ini dibutuhkan objek atau material yang memiliki volume tebal karena nantinya objek akan diberikan gaya tekan yang cukup kuat. Letakan objek pada bagian lower plate dan mesin ini akan memberikan gaya tekan. Nantinya akan terlihat di monitor data atau nilai objek mulai dari sebelum hingga sesudah diberikan tekanan.

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan alat Universal Testing Machine berbagai tipe dan ukuran. Jika anda berminat silakan hubungi staff kami melalui fitur chatting yang ada di pojok kanan bawah website ini.