Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Waspada Tanah Longsor Pada Musim Hujan dengan Slope Monitoring

03 January 2018 11:35


Musim hujan selalu hadir setiap tahunnya begitu juga dengan tragedi-tragedi alam yang biasanya terjadi dikarenakan musim hujan, musim hujan dalam jangka waktu yang panjang dengan kadar besar-kecilnya volume air yang turun dari hujan yang sedang berlangsung dapat memberikan berbagai macam dampak positif dan negatif :

 

Dampak postif : musim hujan memberikan dampak positif dalam hal kesuburan tanah, ekologi pada tanah, meningkatkan ekosistem pada tanaman, meningkatkan persediaan air pada tanah, berdasarkan perkembangan teknologi arus air hujan dapat diolah menjadi energi yang bermanfaat bagi kebutuhan hidup manusia dan banyak faktor positif lainnya.


Dampak negatif : musim hujan memberikan dampak negatif, arti kata dampak negatif disini adalah kejadian alam yang memberikan kerusakan pada ekologi,struktur, dan kontur tanah. Meliputi beberapa hal seperti : kapasitas tanah yang tidak dapat menampung volume air dikarenakan kontur tanah yang curam sehingga terjadinya erosi kejadian ini umumnya terjadi pada lereng yang curam umumnya kejadian ini lebih besar potensi terjadinya tanah longsor, musim hujan yang berkepanjangan dapat menghasilkan petir/guntur sehingga berpotensi menyebabkan sambaran petir/guntur pada ekosistem tanaman dan memberikan efek getaran yang berpengaruh pada struktur dan kontur tanah sehingga berpotensi terjadinya tanah longsor, hujan yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan tekanan berlebih pada kontur tanah sehingga struktur tanah mengalami tekanan kedalam menyebabkan tanah turun beberapa centi meter (CM) dari kondisi semula.

slope_monitoringDitinjau dari berbagai dampak diatas, waspada akan kejadian tanah longsor pada musim hujan merupakan tindak antisipasi mengurangi dampak negatif yang berpotensi tanah longsor.

Slope monitoring (pemantauan lereng) merupakan salah satu dari banyak solusi cara mewaspadai terjadinya tanah longsor yang terjadi pada lereng gunung, dengan slope monitoring (pemantauan lereng) merupakan proses pemantauan serta pengawasan kontur dan struktur tanah yang bertujuan agar kondisi kontur dan struktur tanah dapat terkendali. Slope monitoring juga dapat di bantu dengan bantuan alat yang bernama GPS Monitoring. Berikut kemampuan yang dimiliki GPS Monitoring :
 

 

  • Memantau posisi titik tiga dimensi dan perpindahan secara real-time (secara langsung).
  • Memantau perpindahan relatif antara titik yang tidak saling terlihat, lebih dari pemisahan stasiun dari meter  (M) hingga ratusan kilometer (KM).
  • Memantau perubahan wujud pada kontur dan struktur tanah langsung sebagai perpindahan.
  • Memantau dari berbagai penjuru di dunia  melalui komunikasi canggih berbasis sistem internet.


Oleh karena itu penggunaan alat GPS Monitoring merupakan solusi yang baik digunakan untuk memantau kemiringan lereng untuk mewaspadai terjadinya tanah longsor,khususnya kejadian tanah longsor pada musim hujan.


application_gps_monitoring


 

 

 

 

 

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan control & monitoring system melayani Jasa Slope Monitoring yang dilengkapi dengan peralatan memadai dan tenaga ahli profesional. Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor telpon yang tertera di website ini atau chat dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok bawah website ini.

 



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com