Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Menjaga Kondisi suhu kolam, dengan temperature control

23 May 2013 03:02


Pembudidayaan ikan adalah kegiatan untuk memelihara, membesarkan atau membiakkan ikan dan memanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol.  Yang apabila telah panen hasilnya  dapat dijual untuk dikonsumsi.

Dalam melakukan pembudidayaan ikan dibutuhkan kolam yang sehat, karena dari kolam yang sehat akan lahir bibit ikan yang sehat, Untuk mendapatkan kolam ikan yang sehat, Anda harus menjaga kondisi airnya dalam keadaan selalu baik dan sehat.  Kondisi air kolam sehat akan membuat ikan tidak mudah sakit.

Setidaknya ada empat parameter kualitas air yang perlu diperhatikan agar kolam Anda selalu dalam kondisi sehat. Empat parameter itu meliputi suhu air, keasaman dan kebasaan, kandungan oksigen, dan kandungan garam.

 Suhu air menjadi parameter terpenting dalam menjaga kesehatan kolam karna  Suhu air bisa mempengaruhi pertumbuhan vegetasi air dan permintaan oksigen di dalam kolam. Peningkatan suhu air akan menyebabkan oksigen berkurang. Selain itu, tanaman dan ikan akan membutuhkan oksigen lebih banyak karena tingkat respirasinya meningkat.

Pada dasarnya, ikan seperti ikan koi tidak memiliki masalah dengan suhu. Umumnya, ikan kuat menghadapi perubahan suhu. Hanya, jika ikan didatangkan dari luar, maka harus beradaptasi dengan air di Indonesia.

Perubahan suhu air bisa mengakibatkan perubahan kebiasaan ikan. Semakin dingin, maka nafsu makan dan pertumbuhannya justru melambat.

Saat seperti ini, porsi makanan sebaiknya dikurangi. Karena bila tidak dimakan akan membusuk dan membuat air terkontaminasi.

Untuk menjaga ke stabilan suhu pada kolam diperlukan suatu alat yang dapat menjaga ke kestabilan suhu  didalam kolam tersebut. temperature control adalah solusi terbaik untuk kolam anda, karena dengan temperature control suhu di suatu kolam dapat di control dengan baik.

Temperature control
adalah metode mudah dan praktis untuk mengatur dan menjaga kestabilan suhu di kolam, karna temperature control mempunyai sistem otomatisasi yang dapat diberfungsi dengan memanfaatkan bantuan berbagai macam sensor sebagai input, seperti sensor gerak,sensor suhu,sensor kecepatan dan masih banyak lagi, yang selanjutnya akan di proses oleh control unit untuk memberikan perintah kepada sistem selanjutnya.

Temperature control
termasuk dalam online monitoring karna user dapat memonitoring secara online. User mendapatkan kemudahan dalam melihat data – data tentang  kondisi suhu yang berada didalam kolam.


sumber:
http://properti.kompas.com/read/2012/01/10/12052142/Empat.Parameter.Air.Kolam.yang.Sehat

Sumber foto : http://caraberternak.com/cara-berternak-ikan-gurame/

 



Another Blog