Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Inilah Kerugian Jika Mesin Produksi Tidak Di Maintenance Dengan Baik

08 July 2019 03:24


Dalam dunia industri, mesin produksi merupakan bagian penting yang harus selalu diperhatikan karena memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap produk yang dihasilkan. Jika perawatan mesin tidak dilakukan dengan baik maka aktifitas produksi menjadi terganggu atau malah berhenti mendadak.

 

Efeknya, waktu produksi mulai terhambat dan terjadinya keterlambatan pengiriman barang sehingga dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar.

 

Contoh sederhananya pada pabrik Mobil. Jika dalam waktu satu jam yang biasanya dapat memproduksi minimal 7 mobil. Selama 1 bulan kondisi mesin produksi rusak atau terganggu selama 8 jam. Berarti potensi kerugian produksi mobil 56 mobil per bulan. Maka kerugian yang didapat 7 x (misal harga mobil Rp 200 juta) = Rp 1,4M per bulannya.

 

Belum lagi kerugian perusahaan untuk membayar manpower atau operator akibat mesin yang rusak sehingga operator yang tadinya harus bekerja melakukan produksi malah menjadi tidak produktif atau menganggur sampai mesin kembali normal.

 

Bukan itu saja, kebutuhan operasional seperti penggunaan listrik, gas dan lainnya tentu saja ikut terpakai selama mesin rusak. Jika semua kerugian ini diakumulasi tentu saja nilainya sangat lah besar.

 

Sedangkan dari sisi planning, kerugian yang terjadi akibat rusak atau ternganggunya mesin produksi yaitu packing atau pengemasan yang harus cepat, terjadinya keterlambatan pengiriman barang, hingga jadwal produksi yang tidak sesuai target.

 

Jika barang telat dikirim biasanya perusahaan akan dikenakan denda keterlambatan, dan kalaupun ingin pengirimannya berlangsung cepat maka perusahaan harus menggunakan layanan pengiriman yang lebih cepat / fast delivery tapi sudah pasti biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal.

 

Biaya lain yang harus dikeluarkan adalah jika harus mengganti sparepart karena terjadi kerusakan pada beberapa komponen akibat jarang dilakukan maintenance. Penggantian sparepart mesin tentu saja tidaklah murah sehingga maintenance cost menjadi tinggi.

 

Jika melihat efek yang sangat panjang akibat kerusakan atau gangguna mesin produksi pada suatu industri maka maintenance merupakan syarat mutlah yang harus dilakukkan. Itulah alasannya kenapa berbagai jenis maintenance mesin produksi harus dilakukan.

 

Apa saja jenis-jenis maintenance mesin industri ? silakan klik disini>>>

 

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang control dan monitoring system serta engineering solution menyediakan layanan maintenance mesin industri (preventive dan predictive maintenance) yang didukung tenaga ahli dan berpengalaman serta dilengkapi peralatan yang memadai.

 

Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon : 021 29563045 dan email : sales@testindo.com atau bisa juga melalui chat interaktif kami yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog