Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Pemasangan dan Pengujian Piezometer di PT Mahakarya Geo Survey

28 May 2018 04:02


Piezometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan cairan statis di dalam suatu sistem aliran dengan mengukur tingkat ketinggian yang kolom cairannya naik melawan gravitasi atau secara singkatnya yaitu perlengkapan mengukur tekanan (lebih tepatnya, kepala piezometrik) air tanah pada titik tertentu.

 

Alat Piezometer terdiri dari alat yang mengukur tekanan muka air dan suhu. Pengunaan piezometer tidak hanya untuk pondasi bangunan gedung bertingkat tapi bisa juga dipakai pada bendungan, pembuatan dewatering basement, mengetahui kondisi air tanah dan lain-lain.

 

Piezometer

 

Gambar Piezometer

 

Pada Kesempatan ini PT Testindo melakukan pemasangan dan pengujian Piezometer di PT Mahakarya Geo Survey. Tujuan dilakukannya pengujian adalah untuk memperkirakan kestabilan lereng, mengukur muka air tanah dan lain-lain.

 

Alat yang dibutuhkan saat pengujian ini antara lain :

  • Piezometer
  • Bentonite
  • Kain Geoxtextile
  • Pipa PVC
  • Water Level Indicator

 

pemasangan piezometer

 

Pengeboran tanah untuk pengujian Piezometer

 

 

pemasangan piezometer

 

Pengeboran tanah untuk pengujian Piezometer

 

 

pemasangan piezometer

 

Pengecekan fisik dan kalibrasi Piezometer sebelum dilakukan pengujian

 

 

Pemasangan Piezometer

 

Pembuatan bentonite dari tanah liat

 

 

pemasangan piezometer

 

Pemasangan Piezometer

 

 

pemasangan piezometer

 

Proses memasukan pasir ke dalam lubang piezometer

 

 

Pemasangan Piezometer

 

Proses Grouting pada pipa Piezometer

 

 

Pemasangan Piezometer

 

Bor bagian tanah yang akan dilakukan pengujian menggunakan bantuan alat berat atau secara manual dengan kedalaman sesuai dengan perintah kerja gambar, kemudian bersihkan lubang tersebut agar terbebas dari tanah dan kotoran. Lalu, masukan alat piezometer kedalam lubang sampai mendekati tanah.

 

Beri pasir beberapa sentimeter untuk dijadikan penyaring alami dan alat piezometer akan dapat membaca muka air tanah tanpa tercampur dengan lumpur. Kemudian masukan batu kerikil dan pasir kembali hingga mencapai ketinggian lebih dari alat piezometer, kemudian beri bentonite agar timbunan tersebut menjadi padat.

 

Setelah proses instalasi sudah selesai langsung dapat digunakan, kabel water level meter langsung disambungkan dengan data logger agar mempermudah pengujian dan pemantauan muka air tanahnya dan data hasil pengujian bisa digunakan untuk analisa selanjutnya.

 

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang solusi engineering, control & monitoring system dan Trading menyediakan jasa pengujian seperti instalasi piezometer dan inclinometer, PDA Test, PIT Test, Load Test, SHMS (Structural Health Monitoring System), Repair & Upgrade Mesin industri.

 

Informasi pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@testindo.com



Another Blog