Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Jenis-Jenis Pondasi untuk Konstruksi Bangunan

25 March 2019 06:58


Pondasi merupakan elemen paling penting pada setiap bangunan, karena tanpa adanya pondasi maka bangunan tidak akan kuat untuk menopang beban yang ada di atasnya. Selain untuk menjadikan dasar bangunan, pondasi juga berfungsi sebagai media untuk menyalurkan beban atas ke dalam tanah.

 

Pondasi yang digunakan sangat beragam tergantung dari bentuk bangunannya, untuk bangunan bertingkat biasanya menggunakan pondasi dalam, sedangkan untuk bangunan sederhana maka menggunakan pondasi dangkal.

 

Sebelum membuat pondasi biasanya dilakukan survey tanah dan uji kelayakan serta daya dukung tanah. Setelah itu, barulah menentukan pondasi yang cocok untuk dibuat sebagai penopang bangunan.
Penentuan tanah untuk pembuatan pondasi ini bertujua untuk menekan biaya pembangunan agar tidak terlampau jauh, serta mampu bertahan lama karena ada pengaruh faktor alam ataupun faktor yang lainnya. Pondasi memiliki dua jenis yaitu pondasi dalam dan dangkal.

 

Pondasi dalam merupakan pondasi yang dibuat dengan kedalaman tertentu untuk mencari daya dukung tanah yang paling keras, biasanya pondasi dalam untuk bengunan yang memiliki beban berat seperti hotel, jembatan, menara dan lain-lain. Pondasi dalam juga mempunyai beberapa jenis, yaitu :

 

Pondasi Tiang Pancang
 

 

pondasi tiang pancang

 

Sumber gambar : www.pile-driving.com

 

Pondasi tiang pancang adalah pondasi yang menanamkan tiang atau pondasi precast dengan cara dipukul oleh hammer yang ada pada alat (diesel hammer). Pondasi akan didirikan terlebih dahulu lalu alat hammer akan menghentakan pondasi tersebut hingga kedalaman tertentu yang sudah direncanakan sebelumnya.

 

Pondasi Bore Pile
 

Pondasi bangunan tiang pancang

 

Sumber gambar : www.proyeksipil.com

 

Pondasi Bore Pile adalah pondasi yang membuat lubang terlebih dahulu dengan kedalaman hingga beberapa meter, pengeboran lubang perlu dilakukan dengan bantuan alat berat agar memudahkan proses pengerjaan. Setelah membuat lubang akan dilakukan pemasangan tulangan kedalam lubang tersebut lalu dilakukan pengecoran hingga permukaan tanah.

 

Pondasi dangkal merupakan pondasi yang mendukung beban bangungan secara langsung ke tanah, pondasi ini digunakan oleh bangunan sederhana seperti, rumah tinggal, rumah sakit, masjid dan lain-lain. Pondasi dangkal memiliki beberapa jenis, yaitu :

 

Pondasi Telapak
 

 

Pondasi konstruksi bangunan

 

Sumber gambar : www.proyeksipil.com

 

Pondasi telapak adalah pondasi yang berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang, pada pondasi telapak yang mendukung beban sentris tanpa momen.

 

Pondasi Menerus
 

jenis Pondasi Konstruksi Bangunan

 

Sumber gambar : www.modelrumahku.com

 

Pondasi Menerus adalah pondasi yang digunakan untuk bangunan rumah tinggal tidak bertingkat, pondasi ini dapat menyalurkan beban bangunan melalui dinding dan kolom secara langsung kedalam tanah.

 

Pondasi Rakit (Raft Foundation)
 

 

Pondasi Konstruksi Bangunan

 

Sumber gambar : www.jasasipil.com

 

Pondasi Rakit adalah pondasi yang digunakan untuk bangunan yang terletak pada tanah lunak sehingga sususan kolom akan menjadi dekat di semua arah, jadi pondasi telapak sisinya akan berhimpitan satu sama lainnya.

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan layanan Cross Sonic Logging Test atau CSL Test yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Informasi pemesanan silakan hubungi staff kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau chat dengan kami melalui fitur chating online yang tersedia di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog