Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Peristiwa 5 Jembatan Runtuh Terparah di Dunia

07 August 2017 10:02


Jembatan merupakan sarana transportasi yang menghubungkan suatu tempat yang terpisah agar bisa ditempuh dalam waktu yang singkat. Sebenarnya, jembatan sudah ada sejak jaman dahulu tapi dibangun menggunakan material seadanya. Namun, sekarang ini pembangunan jembatan sudah semakin canggih dengan material yang kokoh.

 

 

Selain itu, sekarang ini banyak jembatan yang dibuat dengan desain unik dan bagus, hal ini bertujuan agar jembatan enak dilihat dan para pengendara yang melewati jembatan merasa nyaman. Namun, sekuat apapun jembatan yang dibangun tetaplah buatan manusia yang memiliki celah kerusakan. Tidak sedikit jembatan yang ambruk karena kesalahan struktur bangunan, pemasangan pondasi dan lainnya.

 

 

Kesalahan konstruksi pada jembatan bukan hanya merugikan pemerintah setempat tapi juga menimbulkan korban jiwa. Berikut ini kita lihat 5 jembatan runtuh paling mengerikan di seluruh dunia :

 

 

Jembatan Interstate 35W

 

jembatan runtuh

 

Jembatan yang menjadi sarana utama warga Minnesota ini runtuh pada tahun 2007. Parahnya, jembatan ini runtuh pada saat pagi hari ketika jam sibuk sehingga banyak kendaraan yang lewat. Akibat runtuhnya Interstate 35W, dikabarkan kurang lebih 50 kendaraan jatuh ke sungai Missisipi dan menyebabkan 13 orang meninggal.

 

 

 

 

 

 

 

Hyatt Regency Skywalk

 

Jembatan runtuh

 

 

Sesuai dengan nama belakangnya “Skywalk” maka jembatan ini dijadikan penghubung di dalam pusat perbelanjaan Hyatt Regency. Dua skywalk ini rubuh pada tahun 1981 ketika Hyatt Regency sedang dipenuhi pengunjung. Runtuhnya jembatan penghubung ini menewaskan kurang lebih 114 orang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jembatan Daman

 

jembatan runtuh

 

Jembatan yang dibangun tepat diatas sungai Gangga India runtuh pada 28 Agustus 2003. Pemerintah setempat menyatakan bahwa runtuhnya jembatan ini akibat banjir sehingga menyebabkan sungan Gangga meluap. Namun, penduduk setempat mengatakan bahwa pemerintah tidak pernah menghiraukan kondisi jembatan yang buruk. Runtuhnya jembatan ini menewaskan 25 orang dan menyebabkan belasan mobil masuk ke dalam sungai Gangga.

 

 

 

 

 

 

Jembatan Taccoma Narrow

 

Jembatan runtuh

 

Jembatan gantung Taccoma Narrow yang dibangung untuk menghubungkan wilayah Puget Sound, Washington mengalami ambruk pada 7 November 1940. Runtuhnya jembatan gantung ini disebabkan angin kencang, untungnya tidak ada korban jiwa dalam runtuhnya jembatan Taccoma Narrow.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jembatan Kutai Kartanegara

 

jembatan runtuh load test

 

Bukan hanya di luar negeri, Jembatan runtuh  juga pernah terjadi di Indonesia. Jembatan Kutai Kartanegara menjadi salah satu dari sekian banyaknya jembatan yang runtuh. Jembatan ini runtuh pada 26 November 2011. Ironisnya, usia jembatan ini baru berusia 10 tahun ketika runtuh dimana usia ini masih cukup muda untuk umur jembatan. Insiden runtuhnya jembatan ini diperkirakan akibat kelalaian manusia pada saat perbaikan tali jembatan.

 

 

Hanya dalam waktu 30 detik seluruh bagian jembatan ambro dan hanya meninggalkan dua tiang penyangga saja. Runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara menyebabkan 11 orang tewas.

 

 

 

 

Supaya tidak terjadi insiden runtuh seperti kejadian diatas, maka setiap jembatan harus diuji kelayakan terlebih dahulu seperti uji beban atau load test static & dynamic. Selain itu, jembatan juga harus dilakukan monitoring untuk meminimalisir kerusakan sehingga resiko runtuh atau ambruk bisa terhindari.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan monitoring dan control system di Indonesia, menyediakan layanan load test jembatan dan structural health monitoring system yang didukung oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Jika anda berminat silakan hubungi staf kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau menghubungi nomor telpon yang tertera di website ini.



Another Blog