Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Macam-Macam Cacat Las pada Material Industri

25 October 2018 09:43


cacat lasPengelasan merupakan proses menyambung suatu material dengan menggunakan energi panas yang berasal dari arus listrik (mesin las). Kualitas hasil las sangat menentukan apakah sambungan material yang dilas menyatu secara keseluruhan atau tidak.

 

Dalam proses pengelasan, ada sebuah kondisi yang disebut dengan cacat las yaitu dimana hasil sambungan las tidak terlalu baik atau mengalami kesalahan sehingga material yang dilas tidak menyatu secara sempurna.

 

Penyebab utama terjadinya cacat las yaitu panas yang digunakan tidak sesuai (terlalu besar atau terlalu kecil) dan human error (metode pengelasan yang salah).

 

Cacat las itu sendiri diartikan sebagai akibat dari terjadinya siklus termal pada sekitar area yang dilas sehingga mengalami deformasi.

 

Macam-Macam Cacat Las

 

Lack of Fusion

Kondisi cacat las ini berupa celah pada area yang dilas. Faktor utama penyebabnya adalah kurangnya energi panas dari mesin las. Selain itu, adanya kotoran dan teknik pengelasan yang salah juga dapat menjadi penyebab lainnya.

 

Distorsi (Cacat Tumpukan)

Cacat ini terjadi karena adanya kontraksi pada material yang dilas pada saat proses pengelasan sehingga menyebabkan material terdorong atau bergerak ketika sedang dilas. Penyebab utamanya adalah energi panas yang digunakan terlalu besar.

 

Berlubang ketika Pengelasan

Cacat ini sangat sering terjadi pada saat pengelasan. Penyebabnya karena panas yang digunakan terlalu tinggi sehingga permukaan material yang dilas berlubang.

 

 Lack of Penetration

Cacat ini berupa sambungan las yang tidak dapat menyatu secara menyeluruh karena material yang dilas tidak bisa mencapai root (akar) dari sambungan kedua material yang dilas, efeknya permukaan root itu tidak dapat menyatu dengan baik.

 

Crack (Retak)

Retak merupakan jenis cacat las yang juga sering terjadi. Ada tiga jenis retakan pada sambungan las yaitu retakan panas, retakan dingin dan macrofissure.

 

Semua macam cacat las yang ada diatas bisa dilihat secara langsung dengan kasat mata tapi untuk menganalisa lebih detail cacat pada sambungan las tersebut dibutuhkan alat bantu yang disebut ultrasonic flaw detector. Prinsip kerjanya yaitu menggunakan gelombang ultrasonic untuk menganalisa ada cacat atau tidak pada sambungan las.

 

Jika Anda mencari tempat yang jual ultrasonic flaw detector dan berbagai alat uji seperti jual hardness tester, jual borescope, dan lainnya silahkan kunjungi web divisi alat pengujian miliki kami disini : Testingindonesia.com



Another Blog