Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Building Automation System, Solusi untuk Menghemat Biaya Operasional Gedung

02 July 2018 03:14


Ketika melihat Gedung bertingkat dengan berbagai fasilitas lengkap didalamnya maka akan langsung terbangun sebuah bentuk kemegahan dalam dunia modern. Selain bentuknya yang tinggi menjulang, kebanyakan Gedung saat ini dibuat dengan desain yang sangat unik dan menarik.

 

Namun, dibalik kemewahan dan keindahan Gedung ternyata juga tersimpan kerumitan dalam sistem pengelolaannya khususnya sistem elektrik seperti lift, lampu, air, escalator, dan lainnya.

 

Pada masa sekarang, sistem pengelolaan Gedung dituntut lebih efisien dengan tetap mempertahikan kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar. Kabar terbarunya, dilansir dari kompas.com bahwa Indonesia termasuk ke dalam 100 negara dalam perjanjian Paris 2015 yang memegang komitmen untuk membatasi kenaikan suhu bumi agar tidak lebih dari 2 derajat Celsius.

 

Dengan menjaga kelestarian lingkungan, maka pengelola Gedung harus memperhatikan kapasitas energi yang digunakan agar lebih hemat.

 

Pengelola Gedung juga harus memikirkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk operasional. Ada 2 jenis biaya yang menjadi fokus pengelola yaitu untuk tenaga kerja dan energi yang digunakan.

 

Jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaian energi memakan 30-40% biaya operasional, bahkan tidak menutup kemungkinan biaya tersebut mengalami kenaikan setiap tahun.

 

Maka dari itu, pengelola Gedung harus pintar mengontrol sistem energi yang tidak digunakan sehingga dapat menghemat anggaran.

 

Penggunaan energi dalam suatu Gedung tentunya harus sejalan dengan disiplin dari para penghuni Gedung itu sendiri, misalkan ketika ruangan sudah tidak dipakai lagi maka lampu dan ac harus dimatikan.

 

Building Automation System

 

Tidak semua penghuni Gedung disiplin dalam menghemat penggunaan energi, ada banyak faktor seperti terburu-buru sehingga lupa, ada juga yang memang malas mematikan listrik.

 

Dengan kemajuan teknologi yang sangat luar biasa, kini telah hadir sistem untuk mengontrol seluruh sistem elektrik atau listrik di dalam Gedung yang disebut Building Automation System.

 

Building Automation System

 

Teknologi Building Automation System (BAS) ini menerapkan pemasangan instrument monitoring sistem berupa sensor, kabel, data logger, dan layer monitor.

 

Berikut ini bagian yang termasuk ke dalam Building Automation System (BAS) :

 

Occupancy Sensor

 

Sensor ini pada umumnya disesuaikan dengan schedule harian pada gedung. Fungsinya, sensor ini dapat digunakan untuk memantau kondisi yang ada di dalam gedung.

 

Controller

 

Untuk controller yang digunakan terdiri dari satu atau bisa lebih PLC (Progammable Logic Controller), tergantung pemograman yang digunakan. Sistem ini akan digunakan untuk memantau semua peralatan yang digunakan di dalam gedung.

 

Air Handler

 

Udara di dalam gedung pasti terasa sangat sejuk, itulah fungsi dari Air Handler yang digunakan untuk mengontrol keluar masuknya udara yang sesuai dengan banyaknya penghuni gedung.

 

Central Plant

 

Fungsi dari sistem ini untuk memberikan suplai pada Air Handler.

 

Lighting

 

Semua jenis penerangan dapat dikontrol menggunakan building automation system. Misalkan, sistem tersebut akan mematikan lampu 25 menit setelah orang-orang keluar dari suatu ruangan di dalam gedung.

 

Alarms dan Security

 

Kelebihan lain dari Building Automation System yaitu dapat memberikan sinyal tanda bahaya di dalam gedung menggunakan alarm. Salah satu contohnya adalah kebakaran, ketikan ada indikasi terjadinya kebakaran maka sistem akan menyalakan alarm dan beberapa fasilitas akan dimatikan secara otomatis.

 

Teknologi Building Automation System ini terbukti mampu menekan biaya operasional penggunaan energi listrik di dalam Gedung. Sistem insturmentasi BAS ini biasanya ditempatkan dalam satu ruang khusus (control room) yang terpisah dengan ruangan lain.

 

Testindo sebagai perusahaan yang bergerak di bidang engineering solusiton, control & system monitoring melayani pemasangan instrumentasi Building Automation System untuk Gedung, rumah sakit, apartement, hotel dan lainnya.

 

Informasi pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 082258706420, Email: sales@testindo.com

 

Anda juga bisa bertanya langsung kepada staff kami menggunakan fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog