Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Pengujian NDT di PT Martina Berto

14 May 2018 04:30


Metode Non Destructive Test (NDT) adalah proses pengujian terhadap suatu objek tanpa merusak bagian atau fungsi dari objek itu sendiri. Tujuan dari metode NDT ini yaitu untuk mengetahui adanya cacat atau kerusakkan pada objek yang diuji. Selain itu, dengan dilakukannya proses NDT maka standart kerja dan keamanan pada objek yang diuji dapat terpenuhi.

 

Pengujian NDT (Non Destructive Test) memiliki banyak jenis. Salah satu jenisnya yang paling sering digunakan yaitu Radiography Test. Jenis NDT ini merupakan pengujian yang menggunakan sinar X. Biasanya metode ini digunakan untuk memeriksa sambungan las, mutu pipa baja, korosi dan lain-lain.

 

Dalam melakukan proses Radiografi menggunakan sinar x, ada beberapa hal penting yang harus diperhitungkan agar tidak terjadi kesalahan pada saat proses penyinaran berlangsung. Beberapa hal penting tersebut yaitu jangka waktu penyinaran, jarak dari sumber radiasi ke film (SFD).

 

Pada kesempatan kali ini PT Testindo melakukan pengujian NDT  (Non Destructive Test) di PT Martina Berto yang berlokasi di Kawasan Insustri Pulo Gadung, Jakarta Timur. Pengujian ini dilakukan untuk menguji saluran pipa Hydran agar tidak ada kebocoran air.

 

Pengujian NDT

Engineer PT Testindo sedang melakukan pengecekan sebelum memulai pengujian

 

pengujian NDT

Engineer PT Testindo sedang melakukan pengujian pada saluran pipa dengan

Radiography Test

 

pengujian ndt

Engineer PT Testindo sedang melakukan pengujian pada saluran pipa dengan

Radiography Test

 

pengujian ndt

Pemasangan film radiografi setelah diberi tanda dengan marking

 

pengujian ndt

Penjemuran Film (SFD) setelah dilakukan pengujian pada pipa.

 

pengujian ndt

Pembacaan film radiografi setelah dilakukan penjemuran.

 

pengujian ndt

Pembacaan film radiografi setelah dilakukan penjemuran.

 

Cara Kerja NDT

 

Benda atau bagian yang akan dilakukan test diletakan antara sumber radiasi dan film radiografi yang sensitive sumber radiasi berasal dari mesin x ray ataupun sumber radioaktif. Bagian yang diuji akan menahan radiasi yang ditembakkan berdasarkan perbedaan ketebalan benda tersebut.

 

pengujian ndt

 

Radiasi yang menembus benda diuji akan menghasilkan gambar seperti banyangan pada lembar film. Bayangan yang dihasilkan pada lembar film akan bervaiasi tergantung dari jumlah radiasi yang menembus bendak uji dan mencapai lembar film.

 

Bagian film yang gelap akan menandakan intensitas radiasi yang tinggi, sedangkan pada bagian yang lebih terang akan menandakan intensitas radiasi yang rendah. Perbedaan warna ini akan menunjukan ada cacat atau tidak pada pipa saluran yang diuji.

 

Informasi pemesanan Jasa NDT (Non Destructive Test) silakan hubungi kami melalui Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@testindo.com



Another Blog