Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Instrumentasi Monitoring Landasan Pacu Udara

09 July 2018 02:20


Bandar Udara (Bandara) merupakan fasilitas yang disedikan untuk pesawat melakukan penerbangan atau pendaratan, baik itu pesawat komersil ataupun pesawat militer. Sekarang ini, bandara bukan hanya difungsikan untuk penerbangan penumpang saja, tapi juga dapat menjadi akses untuk mengirimkan barang atau jasa ke lokasi yang berbeda dengan cepat.

 

Di bandara juga terdapat pengawas traffic atau Air Trafic Control Tower (ATC) yang berguna mengatur pergerakan pesawat baik di udara maupun di darat dengan mengandalkan radio atau frekuensi yang ada pada pesawat tersebut. Tower ini juga dilengkapi dengan radar dan pengatur tekanan udara, ketika pesawat mengudara dapat terpantau dari radar yang ada pada tower sehingga pesawat dapat mengudara sesuai jalur dan menghindari resiko tabrakan antar pesawat.

 

Landasan Pacu (RunAway) merupakan suatu jalanan yang digunakan pendaratan atau lepas landas pesawat terbang. Landasan pacu memiliki berbagai jenis yaitu landasan Pacu Tunggal, Landasan Pacu Ganda, Landasan pacu V terbuka dan masih banyak lagi. Pembuatan landasan pacu dibagi menjadi beberapa kelas untuk mempermudah pengerjaannya dan perawatannya.

 

Pada landasan pacu udara dibutuhkan suatu sistem monitoring untuk memantau keadaan landasan pacu agar ketika pesawat lepas landas atau mendarat tidak tergelincir. Selain itu, ketika terjadi kerusakan pada badan jalan bisa segera diperbaiki.

 

 

online monitoring landasan pacu udara bandara

 

Sumber gambar : www.Tribunnews.com

 

Online Monitoring Landasan Pacu Udara

 

 

Structural Pavement

Bagian ini merupakan landasan pesawat yang digunakan untuk pendaratan atau lepas landas pada pesawat, pembuatan landasan ini harus menggunakan bahan yang baik, biasanya penggunaan material untuk landasan ini menggunakan aspal yang dicampur dengan agregat atau bahan kimia. Pembuatan landasan pacu dengan pembuatan pada jalan raya sangat berbeda, jika jalan raya hanya mampu menahan bobot 9.000 lbs sedangkan landasan pacu dapat menahan beban pesawat sekitar 10.000 lbs. pemilihan aspal karena aspal merupakan bahan halus dibandingkan dengan aspal.

 

Shoulder ( Bahu pada RunAway)

Bagian ini merupakan bahu jalan pada landasan pacu yang terdapat pada kanan dan kiri, penggunaan Shoulder ini untuk mengurangi resiko kecelakaan pada pesawat saat keluar dari landasan pacunya.

 

Blast Pad

Bagian ini merupakan daerah atau tempat untuk mencegah erosi pada tanah karena terkena hembusan angin yang besar dari pesawat, biasanya letak pada Blast pad terdapat pada ujung landasan pacu dan diberi garis putih sebagai pembatas.

 

Extended Safety Area

Bagian pada untuk melakukan pengamanan atau perbaikan pada area landasan pacu, dalam bandara internasional di eropa harus memiliki area ini untuk melakukan perbaikan pada ladasan ketika terjadinya cuaca yang extrim seperti salju yang menutup landasan, hujan es yang akan mengganggu pesawat untuk turun ataupun naik. Maka dari itu dibutuhkan online monitoring pada landasan pacu udara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Supaya landasan pacu udara tetap aman maka harus dilakukan monitoring setiap waktu. PT Testindo sebagai perusahaan online monitoring system melayani jasa online monitoring untuk landasan pacu udara menggunakan peralatan dengan teknologi terbaik dan didukung dengan tenaga ahli berpengalaman.

 

Testindo menyediakan layanan jasa online monitoring untuk landasan pacu udara . Informasi mengenai layanan ini silakan hubungi kami melalui nomor telpon Telepon: (021) 29563045Whatsapp: 0813 9929 1909Email: sales@testindo.com

 

Anda juga bisa bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok bawah website ini.



Another Blog