Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Load Testing Jembatan Mahkota 2 oleh PT Testindo

07 February 2017 02:13


 

Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas load testing yang dilakukan PT Testindo pada jembatan Mahkota 2 di Samarinda.Sebelum saya membahas hal tersebut Apa sih Load Testing itu?

 

Load Testing adalah suatu uji dengan metode pembebanan terhadap suatu subject ataupun object seperti pondasi,jembatan dan struktur lainnya,dengan tujuan utama untuk mengetahui kualitas dari object/subject yang ditest tersebut.Yang nilainya telah diperhitungkan oleh si konsultan project tersebut. Load Testing ini dibagi menjadi 2 yaitu Uji statik dan Uji Dinamik.

 

PT Testindo melakukan 2 uji tersebut pada Jembatan Mahkota 2 di Samarinda.

 

Dalam Uji dinamik PT Testindo melakukan uji pengukuran vibrasinya dengan menggunakan  sensor accelerometer. Sedangkan untuk Uji statik   PT Testindo menggunakan strain gauge untuk mengukur regangan ,tillmeter untuk mengukur kemiringan,dan LVDT displacement untuk mengukur pergeseran.Semua sensor tersebut di hubungkan ke zig bee wireless agar dapat di akses tanpa harus di hubungkan dengan kabel.

 

Untuk proses pengujiannya sebagai berikut.

 

1.Briefing dengan konsultan perihal letak pemasangan sensor.Denah pemasangan sensor sebagai berikut:

            

                 

 

2.Briefing Untuk teknis pemasangan sensor.

 

 

3.Pemasangan sensor

 

 

 

4.Proses Pengujian Untuk Uji Statis = menggunakan 22 Truk yang masing masing Truk beratnya 25 ton dengan memasukan /menempat kan 2 truk pelahan lahan disisi seblah kanan dan kiri jembatan.Untuk Uji dinamik  menggunakan 1 truk dengan berat 25 ton 2 tanggul yang disejajarkan dengan 1 tanggulnya memiliki tinggi 40 cm daln lebar 1 m dengan cara pengujian.Mobil melaju dengan kecepatan 30 km/jam saat mobil melewati tanggul direm mendadak sehingga menimbulkan daya impact.

Statis:

Dinamis:

 

5.Alur tampilnya data hasil pengujian sebagai berikut :

Untuk Statis =Dari sensor ->TMR XDX->Laptop->TMR Qsoft

Untuk Dinamis =Dari sensor->TMR 150->laptop->TMR X

Contoh Data hasil pengujian Dinamik test

 

 

Contoh Data Hasil Pengujian Statis Load Testing

         



Another Blog