Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Perbedaan Mesin Drilling Sistem Manual dengan yang Otomatis (CNC)

05 March 2018 05:03


Mesin milling adalah mesin perkakas serbaguna yang berfungsi untuk pembuatan material atau produk industri dengan cepat dan rapih. Hal ini karena mesin milling mampu membuat lekukan, menghaluskan, mengebor dan memotong material sesuai dimensi yang telah ditentukan.

 

Mesin milling sangat erat kaitannya dengan proses Drilling untuk membuat lubang pada pipa baja ataupun logam. Mesin ini juga dilengkapi dengan air atau water cooling aga saat proses pengeboran tidak mengalami panas dan mata bor tidak cepat rusak.

 

Beberapa bagian mesin dalam proses drilling, yaitu

  1. Badan/Rumahan
  2. Tiang/Tiang
  3. Tenaga Penggerak
  4. Transmisi
  5. Spindel Head (tempat memasang mata bor)
  6. Meja
  7. Perangkat Kontrol

 

mesin drilling manual

 

sumber gambar : el-chandra.blogspot.co.id

 

Mesin Drilling Manual

 

Saat ini proses drilling menggunakan mesin dengan sistem yang berbeda yaitu manual dan otomatis (cnc). Proses manual adalah proses pengeboran yang dilakukan oleh manusia dengan cara menekan tuas agar mata bor masuk kedalam pipa atau batang besi yang ingin dilubangi.

 

Cara manual masih dibilang belum aman sepenuhnya karena dapat membahayakan operator yang mengoperasikan mesin tersebut, seperti terkena serpihan dari sisa pengeboran, tangan tergores mata bor dan lainnya.

 

Selain itu, mesin drilling manual jika digunakan oleh orang yangmasih kurang berpengalaman menyebabkan lubang yang dibuat kurang rapi dan tidak presisi (tidak sama). Maka dari itu, penggunaan mesin drilling manual ini hanya bisa dilakukan oleh orang berpengalaman agar hasil lebih akurat.

 

mesin drilling CNC

 

Sumber gambar : wikipedia.com

 

Mesin Drilling CNC

 

Sedangkan pada mesin drilling dengan sistem otomatis (cnc), cara penggunaannya jauh lebih mudah karena menggunakan sistem komputerisasi. Ketika ingin mengebor tinggal masukkan material kedalam mesin, lalu sang operator tinggal memprogram kecepatan bor, jarak dan ukuran lubang yang akan dibuat.

 

Mata bor akan mulai mengebor sesuai arahan dari program yang telah dimasukkan dan hasil dari pengeboran tersebut akan selalu presisi (sama). Pengeboran dengan mesin ini dapat meningkatkan jumlah produksi menjadi semakin banyak dan proses produksi menjadi semakin cepat.

 

Tingkat keamanan dari mesin otomatis (cnc) ini sangat tinggi karena tidak menyebabkan kecelakaan kerja karena mempunyai sensor yang bisa mematikan mesin secara otomatis ketika ada bagian tubuh yang melewati sensor tersebut.

 

Sayangnya, kebanyakan mesin CNC ukurannya tidak terlalu besar sehingga harus mengerjakan produksi material yang berukuran besar secara bertahap.

 

Anda tidak perlu khawatir, karena Testindo menjual mesin CNC Gantry 5 axis dengan panjang kurang lebih 10 meter yang bisa digunakan untuk produksi material berukuran besar. Mesin CNC ini bisa digunakan untuk berbagai proses produksi seperti milling, drilling, boring, welding, dan lainnya.

 

Informasi pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@tesindo.com



Another Blog