Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang     Member




     twitter   google+   linkedin

Latest Post


Metode Konstruksi yang Tepat agar Pembangunan Jalan Layang Tidak Memperparah Kemacetan

11 October 2017 06:42


Jalan layang merupakan jalan tidak sebidang yang dibangun di atas jalan asli untuk menghindari kemacet yang sering terjadi pada jam kerja, selain itu juga berfungsi untuk melewati persilangan jalur kereta api untuk menghindari kecelakaan lalu lintas dan memberikan waktu yang efesien untuk para pengendara. Biasanya Jalan layang ini diperuntukan kendaraan roda empat karena tekanan angin di atas jalan layang cukup kencang sehingga berbahaya jika dilewati kendaraan roda dua.

 

Salah satu contohnya adalah Jalan Layang Non Tol (JLNT) yang menghubungkan jalan dari Kampung Melayu hingga Tanah Abang. Kawasan tersebut sering dilalui banyak kendaraan dari arah Bekasi dan sekitarnya menuju Jakarta. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan khususnya pada jam sibuk sehingga Pemprov Jakarta membuat jalan layang tersebut.

 

Ada banyak tahapan yang harus dilewati dalam pembangunan jalan layang, tidak heran jika proses pembangunan jalan layang malah menambah parah kemacetan karena terjadi penyempitan ruang jalan, misalkan yang tadinya ada empat lajur untuk kanan dan kiri jadi terpotong dan menyisahkan dua lajur saja.

 

Maka dari itu, para kontraktor dituntut harus memutar otak agar pekerjaan pembangunan selesai tepat waktu tanpa mengganggu arus lalu lintas di sekitar pembangunan sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.

 

Metode Sosrobahu

 

Metode Sosrobahu merupakan pilihan yang tepat untuk para kontrakto, karena dengan metode ini pembangunan jalan layang tidak akan mengganggu lalu lintas di sekililingnya. Jika menilik kebelakang, Indonesia pernah menggunakan metode ini pada tahun 80an yang diciptakan oleh Ir Tjokorda Raka Sukawati. Awal metode ini tercipa yaitu ketika Insinyur tersebut dituntut untuk membangun jalan layang dari Cawang ke Tanjung Priok dengan panjang 16,5 kilometer tanpa harus menggangu arus lalu lintas disekitarnya.
 

metode konstruksi sosrobahu

 

Sumber gambar : www.tekno.akurat.com

 

Gambar di atas merupakan pembangunan menggunakan metode Sosrobahu untuk mengurangi kemacetan yang terjadi. Pembuatan dimulai dengan membuat tiang penyanggah utama yang harus berdiri dengan sejajar dan kokoh. Pembuatan tiang penyangga menggunakan tiang pancang agar pondasi lebih kokoh saat menopang beban diatasnya dan juga agar mendapatkan daya dukung tanah yang keras.

 

Prinsip Kerja Metode Sosrobahu
 

metode konstruksi sosro bahu

 

Sumber gambar : www.dams-civilengineering.blogspot.com

 

Pada tiang penyangga yang telah dibuat sebelumnya dilakukan pemasangan dan pembesian lengan beton untuk membuat lengan yang bisa menopang dari precast box girder. Setelah pemasangan dan pengecoran sempurna maka secara perlahan minyak di pompa hidrolik dengan titik tekan 78 km/cm2 untuk membantu proses pemutaran pada lengan beton tersebut. Penggunaan minyak sangat penting dilakukan akan pada saat pemutaran tidak ada gesekan yang berlebih yang menyebabkan tiang menjadi retak karena paksaan dari pemutaran.

 

Metode ini banyak digunakan oleh kontraktor di Negara lain untuk pembangunan, salah satunya adalah Amerika Serikat yang mengikutin metode ini untuk membangun jembatan Seattle. Beberapa Negara selain Amerika yang juga pernah menggunakan metode ini yaitu Negara Filiphina, Malaysia, Thailand dan Singapura.

 

Monitoring Jalan dan Jembatan Layang

 

Jika jalan layang sudah jadi maka tahap selanjutnya adalah melakukan load test untuk menganalisa maksimum beban yang diterima oleh jalan atau jembatan layang. Selain itu, untuk menjaga agar jalan layang tetap stabil dan terawat dengan baik maka bisa dilakukan Structural Health Monitoring System (SHMS), sehingga jika terjadi suatu masalah seperti keretakan, jalan berlubang dan lainnya bisa langsung ditangani sebelum menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan Jasa Load Test dan Structural Health Monitoring System (SHMS) yang didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman serta peralatan pengujian yang memadai. Info pemesanan silakan hubungi kami di nomor telpon yang tertera di samping website ini atau bicara langsung melalui fitur chating online yang ada di pojok bawah website ini.



Another Blog