Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang




     twitter   google+

Latest Post


Condition Monitoring Mesin Anda Dengan Vibration Analysis

13 April 2017 03:37


aktivitas condtion monitoring vibration analysisPeforma mesin adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kestabilan produksi barang, tanpa memperhatikan performa mesin atau menghiraukan kondisi mesin, faktor kerusakan mesin akan semakin besar terjadi.

Untuk menjaga performa mesin condition monitoring atau pemantauan kondisi pada mesin adalah salah satu solusi terbaik, karna dengan melakukan pemantauan kondisi pada mesin anda, anda dapat mengetahui permasalahan yang akan timbul dalam mesin anda.


Vibration analysis adalah salah satu metode yang digunakan untuk melakukan aktivitas condition monitoring, Vibration Analysis merupakan faktor pendukung meminimalisir terjadinya getaran berlebih. Banyak keluhan mengenai hal tersebut dikarenakan getaran yang sangat cepat menghampiri mesin-mesin industri sehingga mesin-mesin industri cepat mengalami kehausan mesin.


Kehausan mesin ini seringkali terjadi dalam jangka waktu yang cepat padahal perbaikan mesin selalu menggantikan spare part lama dengan spare part baru. Tetapi mengapa getaran-getaran yang memberikan peringatan bahwa mesin dalam keadaan haus ini cepat menghampiri mesin? Padahal spare part selalu diganti baru jika ada kerusakan.

 

Secara  singkat, mesin merupakan serangkaian komponen yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Jika satu komponen mengalami kerusakan atau kehausan, tidak menutup kemungkinan untuk komponen mesin lainnya menerima dampak negatif dari komponen yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, bila digantikan spare part hanya pada satu bagian saja tanpa memperhatikan komponen lainnya.

 

Kemungkinan spare part yang baru digantikan akan mengalami kehausan sesuai dengan waktu yang begitu singkat, misal satu poros kopling bertumpu dengan komponen penyanggah poros sedangkan posisi poros mengalami misalignment sehingga seiring berjalannya waktu, poros akan mengalami kehausan pada mesin dan dapat menyebabkan kerusakan yang merambat ke komponen-komponen lainnya. Oleh karena itu dalam perawatan mesin diperlukancondition monitoring< dan pengendalian serta pengujian atau analisa getaran pada mesin atau dalam bahasa populernya dikenal dengan sebutan vibration analysis.


PT Testindo selaku perusahaan testing service Indonesia yang bergerak dibidang engineering khususnya jasa pengukuran dan pengujian serta menjual berbagai alat – alat sensor, mempunyai jasa Vibration Analysis dan Monitoring untuk pemantauan mesin anda.