Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Uji Tekan Menggunakan Universal Testing Machine

23 May 2017 16:44


Setiap benda memiliki tingkat kekuatan yang berbeda-beda. Namun, kekuatan setiap benda tidak bisa diketahui melalui perkiraan saja, harus dilakukan suatu pengujian untuk mengetahui secara detail kekuatan dari benda tersebut. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini sudah ada alat yang berupa mesin yang bisa digunakan untuk mengetahui besarnya kekuatan suatu benda.

 

 

Sumber gambar : youtube.com/watch?v=am46QvoBaXM

Uji Tekan dengan Universal Testing Machine

 

 

Alat atau mesin yang biasanya digunakan untuk mengukur kekuatan benda bernama Universal Testing Machine. Alat tersebut menggunakan prinsip uji tekan untuk mengukur kekuatan benda. Proses pengujian yang dilakukan sebenarnya sangat sederhana yaitu dengan memberikan gaya tekan pada objek atau benda yang diuji sampai benda tersebut retak atau patah.

 

 

Setelah proses uji tekan selesai, maka akan keluar data analisa struktur dan kekuatan benda sejak pertama kali benda diuji sampai benda tersebut patah atau retak. Dari data tersebut bisa dilihat besarnya kekuatan benda dan juga bisa ditentukan standarisasi pada benda tersebut.

 

 

Namun, untuk menggunakan Universal Testing Machine memang diperlukan pengetahuan untuk membaca data-data yang dihasilkan. Pasalnya, data yang diambil dari Universal Testing Machine berupa grafik yang keluar di layar monitor untuk menunjukkan hasil test dari benda yang diuji.

 

 

Pada umumnya, benda yang diberikan uji tekan menggunakan Universal Testing Machine berupa benda padat seperti logam, besi, kayu, beton dan lainnya. Pengujian ini biasanya dilakukan pada material yang akan dijadikan pondasi suatu bangunan, sehingga bangunan bisa berdiri kokoh karena menggunakan pondasi material yang telah teruji.

 

 

Dengan melakukan uji tekan menggunakan Universal Testing Machine maka anda bisa menganalisa kekuatan dan sifat pada suatu benda. Untuk ukuran dari mesinnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan luas tempat yang anda miliki.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system melayani penjualan Universal Testing Machine berbagai ukuran. Selain itu, testindo juga mampu melakukan customize mesin UTM (Universal Testing Machine) sesuai dengan permintaan anda. Jika anda berminat, silakan hubungi staff kami melalui fitur chat berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com