Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Likuifaksi, Fenomena Tanah Bergerak Ketika Gempa Bumi

01 October 2018 09:18


tanah bergerak likuifaksiFenomena tanah bergerak sering terlihat ketika terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang besar. Baru ini terlihat ketika gempa bumi dan tsunami yang mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat, 28 September 2018.

 

Dalam satu rekaman video amatir milik warga terlihat tanah disekitar berjalan membawa pepohonan dan rumah-rumah yang ada diatasnya.

 

Peristiwa tanah bergerak ini disebut Likuifaksi yang terjadi karena getaran gempa. Maka dari itu, kejadian ini sering terlihat ketika gempa terjadi.

 

Penjelasannya, Likuifaksi terjadi disebabkan getaran gempa yang kuat sehingga menyebabkan terjadinya fraksi (butiran) kasar yang berada di bawah tanah dan juga air yang ada di dalamnya keluar bersamaan sehingga menyebabkan tanah bergerak.

 

Peristiwa ini menyebabkan daya dukung tanah menurun akibat tekanan yang ada diatasnya sehingga menyebabkan air tanah di dalamnya ikut keluar dan menjadi lumpur karena bercampur dengan tanah.

 

 

Biasanya dalam membuat sebuah bangunan ada aktifitas soil boring untuk melihat kondisi air dan struktur tanah dalam serta mencari tanah keras (sondir) yang nantinya dijadikan lapisan pondasi bangunan.

 

Teknik soil boring biasanya juga dilakukan pada pengeboran lepas pantai untuk menganalisa struktur dan kondisi tanah sehingga tidak menimbulkan efek domino ketika dilakukan pengeboran.



Another Blog