Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Ini Metode Penggunaan Vickers Hardness Tester

10 August 2018 02:42


vickers hardness tester

Uji kekerasan atau hardness dalam metode pengujian yang paling sering digunakan untuk menganalisa kualitas dan ketahanan material. Metode uji kekerasan menjadi 4 jenis yaitu rockwell, brinell , vickers dan microhardness.

 

Dari keempat jenis metode yang digunakan, untuk menguji kekerasan material Yang permukaan nya tipis gunakan metode vickers hardness. Pengujian ini menggunakan mesin uji yang disebut vickers hardness tester.

 

 

Cara Menggunakan Vickers Hardness Tester

 

Prinsip dasar pengujian ini sebenarnya sangat sederhana yaitu menggunakan indentor berupa bola yang berbentuk prisma yang dipasang tepat di bagian tengah hardness tester. Setelah itu dilakukan penekanan pada benda atau material yang diuji dengan besar gaya tekanan yang sudah ditentukan sebelumnya. Nantinya, hasil penetrasi atau penekanan akan dianalisa untuk mengukur tingkat kerasa material tersebut.

 

Langkah-langkah penggunaan vickers hardness tester :

Pertama, pemasang indentor yang bentuknya seperti piramid atau Prisma pada bagian knock vickers hardness tester. Lalu, Letakkan material yang akan diuji pada bagian plate bagian mikroskop dengan lensanya mengarah ke material uji.

 

Tahap selanjutnya, atur ketinggian meja uji atau plate pada vickers hardness tester. Setiap pengaturan yang dilakukan pada meja uji atau plate bisa dilihat di layar display. Setelah itu, masukkan tekanan yang akan diberikan oleh indentor pada hardness tester.

 

jalankan mesin hardness tester dengan menekan tombol Start. Secara perlahan indentor akan turun memberikan tekanan pada permukaan material yang diuji. Ketika gaya tekan mencapai batas maksimal maka mesin Hardness tester akan berhenti secara otomatis.

 

Setelah mesin berhenti, Arahkan mikroskop pada permukaan material yang tadi diberikan penekanan. lihat hasil penekanan di layar monitor, supaya lebih jelas perbesar tampilan display.

 

Nilai kekerasan yang didapat dari hasil pengujian ini akan dihitung secara otomatis menggunakan software yang sudah terintegrasi dengan msin vickers hardness tester.

 

Saya lebih jelas cara menggunakan silakan Lihat videonya dibawah ini :

 

 

Setelah melihat video diatas, mungkin Anda tertarik untuk menggunakan alat ini. Anda bisa membeli vickers hardness tester dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau di website divisi penjualan kami yaitu Testingindonesia.com



Another Blog