Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Career     Magang




     twitter   google+

Latest Post


Pentingnya Distributed Control System

20 October 2011 05:51


Distributed_Control_System.jpg
Dalam dunia industri atau manufacturing sebuah acuan dalam melakukan kontrol tugas sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produksi serta mutu yang dihasilkan dapat mencapai standar yang diinginkan.

Dalam perkembangannya efisensi dan flexibilitas pada manufacturing sangat diperlukan tetapi tetap mempertahankan kualitas dan mutu, untuk itu dibutuhkan Quality Control terhadap semua aspek dalam bidang industri ini. Penggunaan system secara manual membuat kualitas waktu dan pekerjaan tidak maksimal, diperlukan sebuah sistem kontrol yang mampu menghimpun (mengakuisisi) data dari lapangan dan memutuskan akan diapakan data tersebut dan dari data-data yang telah diterima dari lapangan bisa disimpan untuk rekaman atau keperluan-keperluan masa datang, atau digunakan dalam proses-proses saat itu juga  maka dibutuhkanlah sebuah system yang disebut dengan  Distributed Control Syatem (DCS).


Distributed Control System atau biasa disingkat dengan DCS adalah sebuah control system yang biasa digunakan oleh system manufaktur dimana DCS mampu menghimpun dan mengakuisisi data sehingga dari data tersebut dapat dilakukan pengontrolan berdasarkan informasi yang di terima, dimana kontroller disebar atau didistribusikan ke masing-masing plant yang terhubung ke sistem DCS.


Secara garis besar,
Distributed Control System memiliki tiga komponen utama, yaitu :


1. Operator Station

  • Operator station di ruang kontrol tempat dimana operator dapat mengamati proses yang sedang terjadi dan mengolah data proses yang didapat



2. Control Station

  • Control system terletak di beberapa field, yang bertugas sebagai processing sinyal dari masing-masing field tersebut



3. Sistem Komunikasi.

  • Sistem komunikasi Distributed Control System merupakan penghubung antara operator station dan control station, selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk interface-interface lain.

 

Dengan Distributed Control System akan memberikan manfaat yang luar biasa terutama system pengendali proses ini, DCS umumnya dipakai di pabrik-pabrik dan diletakan di tempat yang relatif lebih baik dan tertutup. Ia menggunakan medium komunikasi dengan kecepatan yang tinggi, seperti local area network (LAN) dan terdapat sejumlah closed loop control pada sistem tersebut.


Sumber :
http://ahmedridho.com/post-dcs-distributed-control-system.html
http://www.agussuwasono.com/artikel/instrumentasi/217-mengenal-scada.html
http://agfi.staff.ugm.ac.id/blog/index.php/2008/12/distributed-control-system-dcs/
http://en.wikipedia.org/wiki/Distributed_control_system